Dawet Ayu Banjarnegara Menerima APIAward 2020 Sebagai Minuman  Tadisional Terpopuler

0
66
Bupati menerima penghargaan dari APIaward2020 dari Kementrian Pariwisata dan eknomi kreatif.(foto/doc)

MMCIndonesia,Banjarnegara –Dawet Ayu, Minuman tradisional dari Kabupaten Banjarnegara mendapat penghargaan dari Anugerah Pesona Indonesia (API) sebagai juara I kategori minuman tradisional terpopuler tahun 2020.

Penghargaan diberikan kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif pada malam anugrahpesona Indonesia ke -5 tahun 2020 di kawasan marina Labuan bajo nusa tenggara barat Kamis (20/5/2021).

Minuman tradisioanl dawet ayu Banjarnegara mengalahkan dua kandidat lainnua yaitu kopi semedo dari kabupaten muara enim dan minuman air mata bejando dari kabupaten pelawan.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, sebelumnya  dalam ajang bergengsi yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu, dawet ayu Banjarnegara bersaing dengan sembilan nomine dari seluruh nusantara.

“Dawet Ayu Banjarnegara masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 untuk kategori minuman tradisional populer, kami sangat menyambut baik hal ini,, karena akan berdampak positif bagi pariwisata Banjarnegara,” katanya.

Minuman dawet ayu adalah minuman yang terbuat dari bahan alami seperti tepung beras, tepung tapioka, santan, kelapa dan gula aren tersebut merupakan salah satu minuman tradisional asli Banjarnegara.

“Dawet ayu selama ini juga telah menjadi salah satu ikon pariwisata Banjarnegara,” lanjutnya

Dawet ayu ini menjadi ikon wisata kuliner atau minuman khas Banjarnegara. Sehingga penting untuk terus disosialisasikan baik secara konvensional maupun secara digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang ada pada saat ini.

Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata di Indonesia.(ahr13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here