Pelatihan Instruktur Aerobik Kota Tangerang

0
151
Rani Pepaya (Pemuda Pemudi Ahmad Yani) Kota Tangerang, instruktur Aerobik. Foto: Iskandar P Hadi

Aerobik kini telah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dimana setiap orang harus terus menjaga kesehatannya olah raga aerobic sangat dibutuhkan.

Beberapa waktu yang lalu Pemuda Pemudi Ahmad Yani (Pepaya) Kota Tangerang menggelar Pelatihan Instruktur Aerobik. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari di Komplek Aeropolis, Neglasari, Kota Tangerang merupakan kerjasama Pepaya dengan Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tangerang serta didukung oleh Deputi 3 Kemenpora, kara Rani pimpinan Pepaya kepada MMCIndonesia.id.

Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 peserta pelatihan cukup banyak, 30 orang. Dan pelatihan tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, sambung Rani.

Apa itu Aerobik?

Aerobik adalah jenis olahraga yang merangsang denyut jantung dan laju pernapasan agar meningkat dengan cepat selama sesi olahraga. Aerobik dikenal sebagai kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja.

Oksigen yang dimaksud berasal dan dipasok dari jantung melalui darah. Oleh karena itu, baik pernapasan maupun detak jantung biasanya akan meningkat dengan cepat selama aktivitas aerobik.

Ingat, Anda harus membedakannya dengan latihan anaerob. Anaerob adalah latihan tanpa pasokan oksigen hingga membuat Anda mudah kehabisan napas dan membuat ledakan energi yang cepat dalam satu waktu. Latihan ini dilakukan dengan durasi yang pendek tapi dengan intensitas yang tinggi. Latihan aerobik pun bisa menjadi anaerob jika intensitas latihan yang Anda lakukan terlalu berat.

Berlari dengan sangat cepat dan mengangkat beban yang berat menjadi contoh latihan anaerob. Adapun berbagai kegiatan yang masuk dalam latihan aerobik yaitu senam lantai, jalan cepat, berenang, berlari, bersepeda, zumbakick boxing, dan lompat tali. Manfaat olahraga aerobic.

Panitia berfoto bersama peserta Pelatihan Instruktur Aerobik.
Foto: Iskandar P Hadi

 

1. Mencegah dan membantu mengobati kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang aktif biasanya memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.  Selain itu, dikutip dari MedicineNet, sebuah penelitian menemukan bukti bahwa pasien kanker wanita yang melakukan latihan aerobik merasakan kelelahan yang jauh lebih berkurang dari biasanya.

2. Mengurangi depresi

Olahraga secara teratur terbukti mampu meningkatkan suasana hati seseorang. Oleh karena itu, banyak penelitian yang  menyebutkan bahwa olahraga bisa membantu mengurangi depresi.

3. Mengendalikan berat badan

Sama seperti olahraga lainnya, aerobik membantu mengendalikan berat badan dengan membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Dengan begitu, tak hanya bugar tetapi Anda juga bisa mempertahankan berat badan agar tetap ideal. (Dikutip dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here