Sepekan Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Dieng Banjarnegara Capai 110.000 Wisatawan

0
286
Sepekan Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Dieng Banjarnegara Capai 110.000 Wisatawan.(foto/ahr)

MMCindonesia.id, Banjarnegara – Dinas Pariwisata dan Kebudayan Banjarnegara, Jawa Tengah  mencatat selama sepekan libur lebaran Idul Fitri 2023, jumlah kunjungan wisatawan di obyek wisata  Dieng Banjarnegara menembus angka 110.351 wisatawan.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada libur pekan lebaran Idul Fitri tahun 2022 lalu dengan angka kunjungan sebanyak 104.160 wisatawan.

“Meski ada obyek wisata lain di Banjarnegara, namun Dieng tetap menjadi primadona bagi wisatawan sebagai tujuan wisata selama libur Lebaran 2023,” kata Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Tursiman S.Sos Selasa (2/5/2023).

Jumlah kunjungan di Obyek wisata Dieng Banjarnegara mengalami lonjakan pengunjung dibandingkan saat pandemi Covid-19 berlangsung.

Fenomena Unik dan Keindahan Dieng, menjadi daya tarik utama dan mampu menyedot banyak wisatawan yang datang ke tempat itu, dan lokasi wisata tersebut menjadi buruan wisatawan untuk berfoto Selfie.

Tak hanya wisatawan lokal, melainkan wisatwan dari kota-kota besar di Indonesia dan turis asing yang ingin menikmati keindahan destinasi wisata Dieng.

“Kami akan terus mensosialisasikan dan melakukan pembinaan tentang kesiapan para pengelola dan tempat wisata yang ada di Banjarnegara untuk terus bangkit dan semakin mendunia,” lanjutnya

Meningkatnya jumlah pengunjung di obyek wisata lanjut Tursiman menandakan pariwisata Indonesia khususnya di Banjarnegara mulai bangkit dan siap menghadapi kunjungan wisatawan.

Labih lanjut Tursiman mengungkapkan, untuk pekan lebaran Idul Fitri 1444 H berlangsung hingga Minggu 30 April 2023. Sedangkan  pada libur peringatan hari buruh tanggal 1 kemarin wisatawan juga masih tampak memadati sejunlah obyek wisata utama yaitu Kawah Sikidang dan kawasan candi Arjuna.

“Sebenarnya tanggal 1 kemarin masih dalam nuasa libur lebaran sehingga saat ini kunjungan wisatawan di Dieng masih terpantau tinggi, bahkan untuk tempat penginapan atau homestay juga sudah banyak di booking pengunjung,” tambahnya

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wisata Dieng Uut Utami mengungkapkan, pada libur tanggal 1 kemarin  tercatat wisatawan yang berkunjung ke Dieng sebanyak 9.400 orang.

“Hampir semua homestay penuh dan sudah di booking oleh wisatwan untuk menikmati libur hari buruh pada 1 Mei 2023,” Ujarnya

UUt menambahkan, Pengunjung yang datang ke Dieng juga saat ini juga dimudahkan dengan layanan E-Tiketing, khususnya untuk tiket terusan Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

“Pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama untuk membeli tiket karena petugas dengan sigap melayani dan mengarahkan pengunjung, selain itu petugas juga terus memantau dan memastikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung dilokasi wisata Dieng,” katanya.(Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here