Bacakan Pesan Menteri Nadiem Makarim Pada Upacara Hardiknas Ini Yang disampaikan Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso

0
92
Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH, memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun kota Banjarnegara Rabu (3/5/2023). Tema Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”(foto/ahr)

MMCindonesia.id ,Banjarnegara –  Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH,  memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun kota Banjarnegara Rabu (3/5/2023).  Tema Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”

Membacakan Amanat menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim,  Pj Bupati Tri Harso mengajak semua pihak merayakan tansformasi masif gerakan Merdeka Belajar dengan penuh syukur dan semarak.

‘’Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita,’’ kata Tri Harso

Meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas dan berkarakter, serta membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan merdeka. Ini semua harus didukung semua pihak.

Tri Harso menambahkan, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan makin mendekatkan  cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat, dan potensi peserta didik.

Siswa saat ini juga bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holisrik oleh gurunya sendiri.

Sedangkan Para kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” kata Tri Harso

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Oprasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah membarikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka.

“Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi,” lanjutnya

Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

“Mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar,” lanjutnya

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banjarnegara Teguh Handoko, S.Sos menambahkan, Rangkaian peringatan Hardiknas di Banjarnegara di Aawali dengan upacara di alun-alun kota Banjarnegara  yang diikuti oleh Jajaran Forkompimda, Kepala OPD Camat serta unsur dari Dinas Pendidikan Banjarnegara.

Upacara juga diikuti pelajar, guru, TNI, Polri, Satpol PP serta perwakilan dari ASN dilingkungan pemkab Banjarnegara.

Selain Upacara, Rangkaian hari pendidikan nasional juga di ramkaian dengan berbagai aktifitas seni dan dan senam yang diikuti oleh siswa dari Paud, TK  dan siswa SD.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah senam bersama bunda Paud yang diikuti 1800 anak-anak PAUD, lomba melengkapi gambar dan menyusun batu yang diikuti anak – anak  TK yang diikuti  250 anak serta sendra tari yang diikuti anak-anak TK dan SD mewalkili korwil.

Menutup rangkaian acara peringatan hari pendidikan nasional di panggung PKBM  juga akan digelar kegiatan seni dan drama pada siang hari yang diisi olah anak-anak TK dan SD.

Pada kesempatan  tersebut usai upara Hardiknas juga diserahkan penghargaan hasil kejuaraan lomba karya seni ilmiah guru.

Penghargaan diserahkan Pj Bupati dan Forkompinda , Bunda PAUD serta Ketua Darma Wanita Banjarnegara. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here