Ajak Masyarakat Mengumpulkan Sampah di Banjarnegara, KSM Mulia Hati Gelorakan Sedekah Sampah

0
34
Kurangi Sampah Rumah Tangga, KSM Mulia Hati Banjarnegara Ajak Masyarakat Bersedekah Sampah.(foto/ahr)

MMCindonesia.id, Banjarnegara – Sedekah ternyata tidak hanya memberi materi, namun dengan memanfaatkan sampah yang dianggap sudah tak bernilai ternyata bisa jadi media untuk berbuat sosial.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pengelolaan sampah mulia hati Desa Pekauman, Kecamatan Madukara , Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Kelompok warga yang peduli lingkungan ini mengajak warga setiap Jumat untuk memberikan sampah yang telah dipilah kepada kader sedekah sampah yang terbentuk  dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pengelolaan sampah mulia hati.

KSM pengelolaan sampah mulia hati sendiri mulai melakukan aktifitas pada awal oktober 2022 lalu atas dukungan dari Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat.

Tujuan awal  dari sedekah sampah ini adalah untuk mengurangi sampah rumah tangga sehingga lingkungan di desa terlihat lebih bersih dan juga untuk memberikan edukasi kepada msyarakat untuk memilih sampah organik dan anorganik.

“Sampah organik diambil oleh desa melalui dump truck untuk diangkut ke TPA setiap hari kamis, sedangkan sampah anorganik di kelola oleh KSM,” kata ketua KSM pengelolaan sampah mulia hati Priyanti kepada Media Minggu (27/11/2022).

Selain itu sedekah sampah ini juga dijadikan media untuk penggalian dana kegiatan sosial, yaitu dengan mengumpulakan sedekah sampah dari warga untuk kemudian dijual ke pengepul sampah, dan hasilnya disalurkan untuk kegitan sosial seperti santunan yatim pitau dan lansia yang membutuhkan diwilayah desa.

Semula kegiatan di lakukan untuk penggalian dana kegiatan posyandu, karena saat itu belum ada dana dari desa, kemudian kita berinisiatif untuk mengumpulkan sampah anorganik dari rumah tangga untuk dijual.

“Dari penjualan sampah anorganik itu kemudian digunakan untuk pemberian makanan tambahan untuk balita untuk posyandu, namun setelah ada bantuan dari desa saat ini hasil dana penjualan sampah kita gunakan untuk kegiatan makan buah dan sayur untuk makan bersama para lansia dan balita dan juga untuk kegiatan refresing satu tahun sekali,”lanjutnya

Priyanti menambahkan, sosialisasi sedekah sampah kepada masyarakat juga dilakukan melalui promosi saat pertemuan PKK dari RT hingga kelurahan , Puskesmas serta melalui media sosial.

Warga yang bersedekah sampah menerima reward sederhana berupa kebutuhan rumah tangga, meski tidak besar namun mampu menjadi perekat anatar warga dan pengelola sampah .(foto/ahr)

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pekauman Nurchasanah menambahkan, pemerintah desa sangat mendukung pendirian kelembagaan KSM pengelolaan sampah didesanya.

“Kita menyediakan tempat-tempat sampah, untuk menaruh sampah yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan KSM,” katanya.

Ia juga siap menfasilitasi apabila dari KSM  mulia hati membutuhkan bantuan seperti sosialisasi kemasyarakat maupun transportasi untuk memungut sampah dari masyarakat.

Sementara Sekteraris Camat Kecamatan Madukara Eryanto Arif menembahkan, adanya sedekah sampah khususnya di Desa Pekauman, Kecamatan Madukara tentunya sangat membantu pemerintah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah.

Ia mengatakan jika kapasitan TPA di Banjarnegara saat ini sudah mulai kelebihan kapasitas penampungan, sehingga adanya pengelolaan sampah dari Desa Pekauman Madukara ini bisa menjadi pionir dalam upaya pengurangan distribusi sampah ke TPA di Banjarnegara. (Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here