Dari Hobi Merawat Tanaman Hias, Tien Launching Omah Anggrek di Banjarnegara

0
37
Bermula dari kegemarannya merawat tanaman hias, Tien Sumarwati Launching Omah Anggrek di Banjarnegara, beragam jenis anggrek dan tanaman hias lainnya juga di ada di rumah anggrek.(foto/ahr)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Keterbatasan aktifitas akibat  pandemi Covid – 19 ternyata mampu membuat banyak orang mengembangkan hobinya.

Salah satunya adalah Tien Sumarwati, penggemar tanaman hias yang merupakan ASN Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Banjarnegara yang mempunyai hobi merawat tanaman hias.

Dia makin semangat mengembangkan hobinya, karena selain bisa menyalurkan hobinya, merawat dan menjual tanaman hias  ternyata juga mendatangkan manfaat ekonomi.

Tien Sumarwati yang akrab dipanggil Tien, adalah pecinta tanaman hias dan anggrek. Di waktu luangnya saat pandemi Tien membudidayakan  anggrek di pekarangan rumah.

Beragam jenis tanaman anggrek ia budidayakan seperti anggrek bulan, anggrek kabutan, anggrek larat, anggrek tebu, anggrek hartinah dan lainya.

“Hasil budi daya anggreknya saat ini sudah mulai dilirik dan diminati pecinta anggrek hingga luar kota juga lho,” katanya kepada media  Senin (4/7/2022).

Karena semakin banyaknya orang yang tertarik memiliki anggrek, Tien Sumarwati kemudian menangkap  peluang tersebut dengan membuka usaha  tanaman anggrek, dengan membuka membuka “Omah Anggrek” yang beralamat di rumahnya di Rumah Putih, Jalan Raya Petambakan Banjarnegara.  Omah Anggrek tersebut kemudian dilaunching Minggu, 3 Juli 2022 kemarin.

“Usaha ini sebenarnya dimulai dari kecintaan saya terhadap bunga anggrek dan hias lainnya, jadi pekerangan rumah kami jadikan sebagai sebagai lahan budidaya anggrek,” tambahnya

Tien menambahkan, memelihara anggrek tidak kalah sulit, tanaman angrek ini bisa dibudidayakan dengan menggunakan media dari pohon pakis maupun dari lumut, dan untuk perawatnya pun tidak rumit cukup diberi pupuk organik dan non organik.

Di Omah Anggrek yang baru dibuka ini, berbagai jenis tanaman hias dan  anggrek,  dijual mulai dari  90 ribu  hingga ada yang 50 juta rupiah.

“Kami berharap Omah Anggrek ini dapat memenuhi keinginan para pecinta tanaman hias dan anggrek di kota Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga, Purwokerto dan kota-kota lainnya di Jawa Tengah yang ingin menambah koleksinya,” harapnya.

Selain Anggrek, di Omah Anggrek Banjarnegara juga tersedia berbagai jenis tanaman hias lainnya seperti jenis begonia, gramelia, berbaga jenis Kaktus dan tanaman spesifik lainnya dari Banjarnegara.(RsZ)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here