Palang Merah Jepang Gandeng PMI Kebumen Gelar Pelatihan Manajemen Posko dan Pusat Data Informasi

0
63
Palang Merah Jepang Gandeng PMI Kebumen Gelar Pelatihan Manajemen Posko dan Pusat Data Informasi. Acara di gelar di Jemur Park Adventure 1-3 Juli 2022.(foto/ahr)

MMCindonesia.id,Kebumen – Sebanyak 30 relawan PMI Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mengikuti pelatihan Manajemen Posko dan Pusat Data Informasi (Pusdatin) di Jemur Park Adventure.

Peserta merupakan perwakilan dari unsur Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari Pada 1-3 Juli 2022 tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan program dari Japanese Red Cross Society (JRCS) dalam upaya peningkatan kapasitas relawan.

Ketua PMI Kabupaten Kebumen Sabar Irianto mengapresiasi relawan yang dengan semangat mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar dialam terbuka dengan menginap di tenda.

“Terima kasih kepada teman-teman relawan yang dengan semangat serta dedikasi tinggi selalu setia untuk mengupdate kepasitas dalam rangka mendukung pelayanan optimal,” kata Sabar kepada media Sabtu (2/7/2022)

Lebuh jauh dia menjelaskan, kegiatan pelatihan Manajemen Posko dan Pusat Data Informasi merupakan yang pertama kali digelar dan dilaksanakan dalam momen yang tepat.

“Kami berharap, peserta dapat menyerap ilmu yang disampaikan dengan maksimal sehingga memperkaya wawasan serta detail ilmu yang menjadi jantung ruh dari pelayanan PMI dalam berbagai bentuk pelaporan,” lanjutnya.

Sementara itu Plt Kepala Markas PMI Kabupaten Kebumen Muhammad Muslim Mustofa mengatakan, dalam pelatihan tersebut pihaknya menggandeng beberapa fasilitator dari BPBD Kebumen, PMI Propinsi Jawa Tengah dan Fasilitator internal.

“Dalam kegiatan ini, peserta dibekali beberapa materi vital yang mendukung aktifasi serta progress pelaporan serta beberapa aplikasi pusat data informasi,” lanjutnya

Beberapa materi yang disampaikan antara lain linkage Pusdalops BPBD, Jejaring dan kemitraan, Manajement TDB dan kebijakan pengembangan posko.

Selain itu juga diberikan materi mekanisme TDB, Saffer Acces, EWEA, Asessment, Komunikasi, CEA, Press Release, Komunikasi Radio, Manjemen data dan Sistem analisa.(ahr13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here