Pemkab Banjarnegara Dukung Penuh Komitmen GeoDipa Selenggarakan Uji Alir Sumur Produksi

0
69
Kepala Dinas DPKPLH Banjarnegara Singgih Haryono memberikan sambutan pada acara Pemaparan Uji Alir Sumur Produksi (Well Testing Expose) , Ia mengatakan jika pemerintah Banjarnegara mendukung lanjutan pembangunan proyek PLTP Dieng 2.(foto/GDE)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten Banjarneara mendukung penuh PT Geo Dipa Energi (Persero) “GeoDipa” untuk melanjutkan Tahap Pembangunan proyek PLTP Dieng 2.
Hal tersebut disampakan Pj Bupati Banjarnegara melalui Kepala Dinas DPKPLH Banjarnegara Singgih Haryono saat Pemaparan Uji Alir Sumur Produksi (Well Testing Expose) oleh Geo Dipa Senin (30/5/2022) di Aula Kantor PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng.
Menurutnya permasalahan energi merupakan permasalahan global, sama halnya dengan pangan, keduanya menjadi penting, mengharuskan manusia mencukupi keduanya.
“Di satu sisi, ada energi yang ketersediaannya terbatas tidak terbarukan, yang ketika terus menerus di eksploitasi akan habis, sehingga kita harus berpikir mencari alternatif energi terbarukan di masa depan, salah satunya adalah energi panas bumi,” katanya
Singgih menambahkan, potensi panas bumi di Indonesia salah satunya berada di Banjarnegara, yang saat ini pemanfaatannya belum mencapai separuh dari total potensi yang ada.
Lebih jauh Singgih mmengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mendukung penuh aktivitas pembangunan Proyek PLTP Dieng 2 yang dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pekerjaan Uji Alir Sumur Produksi.
Pihaknya juga sependapat dengan magagement Geo Dipa yang akan menerapkan safety sebagai prioritas utama dalam pembangunan, sehingga di harapkan tidak ada lagi kejadian accident.
“Prinsipnya Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mendukung aktivitas pembangunan Proyek Dieng 2, keterlibatan masyarakat dalam setiap kegiatan perlu diperhatikan, kami berharap pembangunan proyek dapat berjalan lancar,” tambahnya
Hal sama juga disampaikan Ketua DPRD Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko yang pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pemkab Banjarnegara sangat mendukung dengan hadirnya GeoDipa di Banjarnegara.
Menururtnya energi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu potensi panas bumi yang ada di Banjarnegara perlu dimanfaatkan secara optimal demi kepentingan masyarakat Banjarnegara.
Acara Pemaparan Uji Alir Sumur Produksi dihadiri Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Muhammad Ikbal Nur melalui daring.
Dalam paparannya Muhammad Iqbal menyampaikan bahwa saat ini GeoDipa telah menjadi perusahaan dengan standar internasional dalam menerapkan upaya keterbukaan informasi kepada para pemangku kepentingan dan budaya safety.
“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara, Ketua DPRD Banjarnegara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Banjarnegara, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca) yang telah hadir pada acara ini,” kata Iqbal
Ia juga menyampaikan bahwa GeoDipa saat ini masih dalam tahap pembangunan, sehingga akan selalu komitmen untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat sekitar wilayah kerja kami di dalamnya.
“Kami mohon dukungan dan arahan Bapak dan Ibu sekalian sehingga dalam setiap stase proses pembangunan kami berjalan dengan lancar dan dapat memberikan kontribusi kepada Banjarnegara khususnya,” lanjutnya
Direktur Operasi dan Pengembangan Niaga PT. Geo Dipa Energi Supriadinata Marza mengatakan Pemaparan ini dilakukan sebagai upaya melakukan komunikasi dan koordinasi kepada para pemangku kepentingan sekaligu sebagai percepatan pembangunan proyek PLTP Dieng 2.
Ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Forkompinda serta Forkompinca dalam mendukung jalannya pembangunan proyek GeoDipa.
“Sesuai dengan apa yang disampaikan sebelumnya, bahwa lingkungan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan, kami memiliki komitmen dalam melakukan improvement terhadap hal tersebut, hal ini pun dimonitor oleh ADB selaku lender sehingga dapat menjadi motivasi kami dalam menjaga lingkungan sekitar area pembangunan kami,” Ujar Supriadinata Marza yang akrab di sapa Rio
Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video Tahapan Pekerjaan Uji Sumur Produksi dan pemaparan materi uji sumur produksi yang disampaikan oleh Plt Project General Manager, Hefi Hendri dan ditutup dengan proses diskusi serta tanya jawab.
“Dalam waktu dekat ini kami akan melaksanakan pekerjaan uji alir sumur produksi atau well testing sumur 31A, hal ini dilakukan untuk mengetahui data-data yang dihasilkan sebagai referensi kami dalam menentukan teknologi dalam pengoperasian,” Hefi Hendri
Sedangkan untuk langkah mitigasi dan pengendalian risiko lanjut Hefi, pihaknya akan melibatkan BPBD, Karangtaruna.
“Kami siapkan juga hotline Halo Dieng 24 jam serta Sentra Komunikasi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan komunikasi terkait aktivitas pekerjaan well testing,” kata Hefi.(H13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here