Jumlah Pengunjung di Dieng Meningkat Saat Libur Lebaran, Didominasi Wisatawan Lokal

0
60
Kawah Sikidang (foto/ahr)

Banjarnegara, MMCIndonesia.id – Angka kunjungan wisatawan di Banjarnegara , Jawa Tengah khususnya di Dataran tinggi Dieng menunjukan peningkatan.
Meski terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, namun jumlahnya masih jauh jika dibandingkan dengan hari normal sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 menyebabkan pemerintah menerbitkan larangan mudik lebaran antara 6-17 Mei 2021. Imbasnya, pelintas luar wilayah sangat minim. Kondisi ini sudah terjadi semenjak pandemi Covid-19 dan menyebabkan pelaku wisata sempat mati suri,” kata Kepala UPTD Objek Wisata Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Sri Utami Senin (24/5/2021).

Sri menjelaskan, peningkatan kunjungan terjadi sejak Kamis (13/5/2021) atau bertepatan Hari Raya Idulfitri. Dan puncaknya saat lebaran ini dimana jumlahnya terus meningkat hingga minggu kemarin.

“Hari minggu kemarin jumlah wisatawan cukup tingggi jika dibandingkan dengan hari lebaran sebelumnya. Minggu kemarin tercatat sekitar 16.013 wisatawan, dan kebanyakan wisatawan lokal,” jelasnya

Sedangkan obyek yang ramai dikunjungi adalah candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Dringo, Telaga Merdada, Kawan Candradimuka dan sumur jalatunda serta wisata lain di komplek wisata Dieng. “Candi arjuna dan kawah sikidang masih menjadi primadona wisatawan,”Tambahnya.

Sementara untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di area wisata Dieng, pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat terhadap para wisatawan yang datang ke Dieng.

“Wisatawan harus mentaati prokes, dan kami juga menyediakan alat cuci tangan serta memberikan himbauan melalui petugas di lokasi wisata,” katanya
Terpisah, Ketua Paguyuban Pengelola Homestay Dieng Kulon, Fortuna Diah Setyowati mengatakan sejumlah objek wisatadi Dieng memang ramai dikunjungi wisatawan. namun sebagian besar merupakan turis lokal sehingga jarang yang menginap.

“Wisatawan yang datang Kebanyakan kendaraan sendiri motor, dan kebanyakan tidak menginap,” katanya.
Dia juga menjelaskan jika tingkat keterisian homestay di Objek Wisata Dieng hanya mencapai 15 persen meski terjadi peningkatan kunjungan ke sejumlah objek wisata saat libur lebaran Idul Fitri 2021 ini.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here