Dukung Program Pemerintah, Puluhan Pelajar SMP dan SMA di Banjarnegara Ikuti Lomba Poster

0
102
Peserta lomba Poster memaparkan hasil karyanya dihadapan juri dan peserta lainnya. (foto/ahr)

MMCindonesia,id, Banjarnegara –Sebanyak 60 pelajar dari tingkat SMP dan SLTA se Wilayah Kecamatan Banjarnegara mengikuti  lomba poster dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78. Dengan tema Stop Buang Air Sembarangan (ODF) , Stunting, dan daur ulang sampah.

Ketua Panitia lomba Aris Amaludin mengatakan, lomba poster dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 juga dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mensosialisasikan program ODF, stunting dan  sosialisasi pengelolaan sampah dengan mendaur ulang menjadi barang-barang yang bermanfaat.

“Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sedang giat menggelorakan ODF, mengurangi angka stunting dan upaya mengurangi sampah dan mendaur ulang sampah, lomba poster ini tujuannya untuk memberikan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penerapan sanitasi yang baik, memberikan edukasi tentang stunting dan juga cara mengelola sampah untuk didaur ulang menjadi barang yang berguna,” kata Ketua Panitia Lomba Aris Amaludin.

Juri Lomba Adib Arifianto mengatakan, hampir semua peserta mampu membuat poster baik dan sesuai dengan tema.

“Peserta terbaik posternya harus memenuhi kriteria, diantaranya kesesuaian gambar dengan tema, komposisi, serta pesan yang ingin disampaikan,” kata Adib

Para peserta yang memenuhi kriteria sebagai pemenang lanjut Adib terlebih dahulu juga harus memaparkan hasil karyanya didepan juri. Hal tersebut dilakukan agar jangan sampai karyanya mengadopsi karya orang lain.

“Juara 1, 2 dan 3 harus bisa memaparkan hasil karyanya agar hasil karyanya tersebut benar-benar hasil krasinya sendiri, hasil paparan juga menentukan nilai bagi calon juara,” lanjutnya.

Camat Banjarnegara Son Haji menjelaskan , tjuan diadakannya lomba poster adalah untuk menggali potensi dan kreatifitas pelajar.

“Melalui lomba poster ini kami berharap para pelajar bisa menuangkan idenya tentang seberapa jauh dia paham terkait ODF, Stunting dan juga pengelolaan sampah” katanya.(A9)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here