Pembukaan Banjarnegara UKM 2023 Expo & Festival Produk Lokal 2023 Serta Banjarnegara Agro Expo 2023

0
137

Banjarnegara, mmcindonesia.id – Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH membuka secara resmi Banjarnegara UKM 2023 Expo & Festival Produk Lokal 2023 Serta Banjarnegara Agro Expo 2023 dalam rangka hari jadi Kabupaten Banjarnegara ke – 452, di Pendapa Dipayudha Adigraha Banjarnegara Kamis (23/2/2023).

Expo yang diikuti 176 stand peserta dan akan berlangsung selama 5 hari ini menampilkan berbagai kegiatan pendukung lainnya seperti talkshow, Workshop, seminar dan berbagai lomba.
Saat memberikan sambutan pembukaan Pj. Bupati Tri Harso mengatakan, Expo tahun ini merupakan acara berskala nasional dengan pembangunan sarana prasarana berstandart nasional.

“Berbagai acara ini akan diikuti oleh masyarakat dan Pelaku UKM yang berasal dari lokal Kabupaten Banjarnegara, kementrian, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, BUMN. BUMD, Swsta, UMKM dan pelaku sektor pertanian,” katanya

Ia berharap expo tahun ini menjadi epicentrum sekaligus trend setter dari kemajuan UMKM di masa depan, karena kemajuan zaman yang begitu cepat mengharuskan kita melakukan kerja sinergis, inovatif dan membangun ekosistem dunai usaha yang kolaboratif.

“Expo akan berlangsung selama 5 hari, nantinya expo ini akan menjadi rumusan dan tindak lanjut untuk menyelesaikan persoalan berkaitan dengan perekonomian pada sisi usaha kecil mikro maupun pertanian,” lanjutnya.

Lebih jauh Tri Harso mengatakan, expo tahun ini menjadi refleksi semua pihak untuk lebih semangat dalam bekerja dan berusaha agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kegiatan promosi, pemasaran, edukasi usaha kecil serta kegiatan business matching.

“Kami berharap masyarakat atau pengunjung Banjarnegara Agro Expo tahun 2023 dapat memahami pertanian di Banjarnegara secara utuh sekaligus menjadi pasar potensial untuk petani di Banjarnegara secara utuh sekaligus menjadi pasar potensial untuk petani di Banjarnegara yang mandiri dan modern dapat terwujud,” tambahnya

Sementara Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Sutarmo mengatakan SE MM memberikan apresiasi kepada pemkab Banjarnegara yang telah berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mensukseskan acara Banjarnegara UKM 2023 Expo & Festival Produk Lokal 2023 Serta Banjarnegara Agro Expo 2023.

“Menurut hemat kami , kolaborasi seperti ini mutlak lakukan, artinya gotong royong dalam rangka penguatan program sangat dibutuhkan untuk mensukseskan semua program. Kami sadar bahwa kementrian untuk mangawal semua program tanpa kolaborasi dengan daerah tentunya tidak maksimal dan mungkin bahkan bisa jadi tidak jalan,” ujarnya.

Sutarmo mengaku sudah melihat beberapa stand expo. Dan salah satu stand peserta yang dikunjungi adalah penjual tempe mendoan raksasa.

“Sebagai contoh, ini pedagang tempe mendoan yang mengku omzetnya diperkirakan 20 juta selama 5 hari mengikuti expo, jadi dampaknya satu UKM ini dampaknya sudah luar biasa bagi para pelaku UKM,” lanjutnya.

Dan juga event event lain terus digalakan, sehingga ekonomi kita jadi bangkit, jadi pertemuan orang banyak akan terjadi transaksi jual beli dan tenunya akan menaikan ekonomi masyarakat.

“mungkin saat ini ekonomi masyarakat belum pulih 100 persen, artinya daya beli masyarakat belum stabil, namun dengan banyaknya acara-acara seperti ini dampaknya sangat bagus bagi kemangkitan UKM,” katanya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here