Deteksi Dini Penyebaran TBC, Rutan Banjarnegara Gelar Skrining Kesehatan Kepada Warga Binaan

0
438
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara bersama Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banjarnegara, Puskesmas Banjarnegara 1 dan Lembaga Swadaya Masyarakat Mentari Sehat Indonesia menggelar skrining penyakit TBC bagi warga binaan Rutan Banjarnegara.(foto/ahr)

MMCindonesia.id.Banjarnegara – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara bersama Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banjarnegara, Puskesmas Banjarnegara 1 dan Lembaga Swadaya Masyarakat Mentari Sehat Indonesia menggelar skrining penyakit TBC bagi warga binaan Rutan Banjarnegara, Rabu (1/2/2023).

Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma menjelaskan, sebanyak 113 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) telah mengikuti skrining TBC.

Kepala Puskesmas Banjarnegara 1 Khusnul Khotimah menjelaskan bahwa WBP merupakan kelompok yang rentan terhadap penyebaran penyakit. Oleh karena itu pemeriksaan tersebut sebagai salah satu langkah antisipatif terhadap penyebaran bakteri tuberculosis.

“Jika terdapat WBP yang terinfeksi TBC maupun yang kontak erat dengan WBP yang terinfeksi, maka dapat seera ditangani dan ditindaklanjuti dengan tepat, cepat dan benar,” kata Khusnul

Sementara itu Perawat Pertama Rutan Banjarnegara  Bayu Teovilus mengatakan sampel dahak akan diperiksa di laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Banjarnegara dan hasilnya akan diketahui setelah pemeriksaan selesai.(Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here