Pengurus Dekranasda Banjarnegara di Kukuhkan, Pj Bupati Minta Pelaku UMKM Harus Berdaya Saing

0
131
Pengurus Dekranasda Banjarnegara di kukuhkan Usai dilantik Pj Bupati Banjarnegara.(foto/doc)

MMCindonesia.id,Banjarnegara   Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banjarnegara diharapkan mampu menunjukan eksitensi sebagai organisasi nirlaba yang menghimpun, mewadahi serta mengembangkan produk lokal agar semakin berkualitas dan berdaya saing.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto saat Pengukuhan Pengganti Antar Waktu Pengurus Dekranasda Banjarnegara Periode 2022-2023 di Pendapa Dipayudha Adigraha, Rabu (11/1/2023).

Tri Harso mengatakan, di era global seperti sekarang ini dibutuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para pengrajin maupun pelaku UMKM agar memiliki daya saing dan mampu mengembangkan kreativitas dengan berbagai inovasi produk.

“Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Dekranasda, antara lain bagaimana menyusun kegiatan dan rencana kerja ke depan untuk meningkatkan kemampuan SDM yang berdaya saing melalui berbagai pelatihan serta dibutuhkan regenerasi para pengrajin dan pelaku UMKM untuk melestarikan produk berbasis lokal,” tuturnya

Selain itu, kolaborasi dengan berbagai stakeholder diperlukan untuk memperluas pangsa pasar agar produk lokal bisa lebih dikenal baik nasional maupun internasional, imbuhnya.

Pada kesempatan ini Pj Bupati juga berpesan kepada ketua dan pengurus Dekranasda Banjarnegara yang baru saja dikukuhkan agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Saya berharap Dekranasda Banjarnegara bisa lebih aktif dan membawa kemaslahatan di tengah masyarakat,” ujarnya

Dalam pengukuhan tersebut ditetapkan sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Banjarnegara, yakni Lucia Utariningsih.(Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here