Ini yang Dilakukan Warga Karangtengah Banjarnegara Saat Kunjungi PLTP Patuha Kabupaten Bandung..

0
31
Ini yang Dilakukan Warga Karangtengah Banjarnegara Saat Kunjungi PLTP Patuha Kabupaten Bandung..(foto/doc/gde)

MMCindonesia.id,Banjarnegara  – Warga Desa Karangtengah, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara  kembali diberi kesempatan langsung oleh PT Geo Dipa Energi  untuk mengunjungi  Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha Unit-1 Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tidak hanya warga , pihak perusahaan juga mengajak Forkopimcam Batur dan Pemerintah desa Karangtengah .

Kepala Desa Karangtengah, Mukhodin mengatakan kunjungan ke PLTP Patuha yang dilakukan pada  Rabu 14 September 2022 lalu memberikan banyak edukasi kepada warga.

Ia berharap pembangunan proyek PLTP Dieng 2 di Desa Karangtengah dapat berjalan dengan lancar seperti halnya PLTP di Patuha.

“Terima kasih kepada GeoDipa yang telah menyampaikan informasi kepada masyarakat kami dengan mengadakan kunjungan seperti ini, melalui kesempatan ini saya berharap masyarakat dapat melihat sendiri seperti apa powerplant yang akan dibangun nantinya di Desa Karangtengah,” ujar Mukhodin kepada MMC Kamis (22/9/2022)

Sementara itu, Irham, salah satu perwakilan warga menuturkan terima kasih atas kesempatan kunjungan lapangan yang diberikan, menurutnya hal-hal yang menyangkut edukasi seperti ini perlu terus dilakukan oleh GeoDipa.

“Kita sudah mendapatkan banyak edukasi pada kesempatan ini, baik secara teknis fungsi pembangkit disini maupun secara lingkungan, “Kata Irham

Ia berharap setelah kunjungan ini dapat meneruskan wawasan yang didapat, sehingga masyarakat Karangtengah khususnya  bisa mengetahui fungsi panas bumi yang bisa digunakan untuk energi listrik serta ramah lingkungan yang juga bisa memberikan serapan tenaga kerja terhadap masyarakat.

Atas nama pemkab Banjarnegara, Camat Batur, Aji Piluroso yang mengapresiasi keterbukaan informasi yang dilakukan oleh GeoDipa, menurutnya kegiatan kunjungan lapangan seperti ini dapat menjadi wadah edukasi dan upaya pendekatan kepada masyarakat Karangtengah.

“Setelah sebelumnya dengan warga Dusun Pawuhan, kali ini kesempatan yang kedua berangkat bersama Dusun Krajan, tidak lain tujuan kami adalah untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh mengenai aktivitas pemanfaatan panas bumi yang dilakukan GeoDipa ,” ujar Aji Piluroso.

Aji juga berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat menyerap ilmu  hingga saatnya nanti dilakukan pembangunan pembangkit listrik (powerplant) di Desa Karangtengah.

Dalam kunjungan tersebut masyarakat Desa Karangtengah banyak mendapat masukan tentang pelaksanaan proyek PLTP di Patuha yang bisa diselaraskan dengan PLTP 2 Dieng.

Project General Manager Hefi Hendri menyambut baik kedatangan peserta dan menyertai jajaran perwakilan Asian Development Bank (ADB) mengaku senang atas kedatangan rombongan.

“Perlu kami beritahukan bahwa pembangkit listrik yang saat ini kita lihat bersama merupakan karya anak bangsa, silakan nanti saudara dapat mengamati dan bertanya mengenai pembangkit tersebut,” ujarnya.

Pihaknya berharap kunjungan yang dilakukan dapat bernilai ilmu dan memberikan kesan yang baik bagi rombongan yang melakukan kunjungan.(RZS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here