Gerakan Pramuka Wujudkan Generasi Muda yang Tangguh

0
141
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menjadi Pembina Upacara pada Peringatan HUT ke 61 Pramuka di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Minggu (14/8/2022).(foto/ahr)

MMCindonesia.id, Banjarnegara – Gerakan Pramuka memiliki tujuan untuk menyiapkan generasi muda yang tangguh, memiliki moral, mental dan budi pekerti yang baik. Harapan kelak akan tumbuh sosok penerus bangsa yang mampu membangun bangsa ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat menjadi Pembina Upacara pada Peringatan HUT ke 61 Pramuka di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Minggu (14/8/2022).

“Gerakan Pramuka ini memiliki tujuan mulia, yaitu mendidik generasi muda menjadi tangguh dan hebat bukan generasi pecundang,” katanya

Dia berpesan kepada anggota Pramuka Banjarnegara untuk terus berkarya, berkreasi dan mengisi waktu dengan berbagai kegiatan yang positif serta produktif.

“Di dalam Gerakan Pramuka banyak kegiatan postif dan menyenangkan yang bisa menghindarkan diri dari hal negatif seperti seks bebas dan narkoba,” ujarnya

Taj Yasin juga mengajak anggota Pramuka untuk mengambil peran dalam pembangunan menuju Indonesia emas. Menurut dia, di Banjarnegara peran Pramuka bisa membantu pemerintah daerah untuk mengatasi kasus stunting dan pernikahan dini yang dinilai bisa menghambat potensi sumber daya manusia Indonesia.

“Seperti tema HUT ke 61 Pramuka tahun ini, mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Diharapkan, Pramuka bersama seluruh komponen bangsa totalitas dalam mengabdi untuk keutuhan dan kemajuan NKRI,” jelasnya

Sementara itu Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengatakan, Pemkab akan melibatkan Gerakan Pramuka untuk membantu dalam pendataan serta sosialisasi kepada masyarakat terkait masalah stunting dan juga pernikahan dini yang menjadi salah satu faktor penyebab stunting.

“Kasus stunting di Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2022 masih tinggi, sebesar 22,7 persen atau masih jauh dari target nasional, yakni 14 persen,” terangnya.

Dengan dilibatkannya anggota Pramuka, diharapkan akan mempercepat penanganan kasus stunting dan mencegah para remaja untuk melakukan pernikahan dini, imbuhnya. (adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here