Meningkatnya Jumlah Pemudik Picu Peningkatan Konsumsi BBM di Banjarnegara.

0
130
Meningkatnya Jumlah Pemudik Picu Peningkatan Konsumsi BBM di Banjarnegara..(foto/har)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Selama masa libur Lebaran 2022Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat drastis. Bertambahnya kendaraan pemudik membuat penjualan bahan bakar di SPBU meningkat.
“Permintaan BBM mengalami kenaikan karena banyaknya kendaraan pemudik, kenaikan berkisar 50 sampai 70 persen, permintaan BBM ini lebih tinggi dari prediksi yaitu 42 persen,” kata Koordinator Daerah SPBU Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah Sapto Tridiyanto kepada media Minggu (8/5/2022).
Namun meski terjadi peningkatan penggunaan BBM, Sapto mengatakan jika stok di SPBU aman. Pada Lebaran ini, pengiriman BBM dilayani 24 jam.
“Jadi curah atau pembongkaran BBM jam dua sampai jam empat pagi jadi pemandangan biasa pada masa satgas, masa satgas ini akan berakhir pada H+ 15 atau tanggal 17 Mei 2022,” lanjutnya.
Sapto menambahkan, kenaikan permintaan BBM terjadi pada semua jenis BBM, kecuali bio solar yang justru turun. Sebab ada pembatasan kendaraan truk besar angkutan barang yang menggunakan bio solar. Penurunan permintaan bio solar lebih tinggi lagi di SPBU wilayah kota.
“Kalau ditarik mundur dari H – 1, penurunan antara 15 sampai 20 persen,” terangnya.
Sapto mengatakan kendaraan yang membutuhkan bio solar dalam jumlah besar yaitu kendaraan besar seperti peti kemas dan dump truk.
“Di Banjarnegara dump truk hampir 100 persen tidak jalan. Karena masih libur lebaran jadi aktifitas mereka belum berjalan.(har13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here