Didik Karakter Anak, Majelis Pembimbing Ranting Pramuka di Banjarnegara Gelar Pesta Siaga

0
94
Peserta Pesta Siaga mengikuti salah satu kegiatan dalam pesta siaga.(foto/ahr)

 

MMCindonesia,Banjarnegara – Ratusan pramuka siaga yang berasal dari 23 sekolah setingkat SD dan MI di wilayah Kecamatan Pandanarum,Banjarnegara, Jawa Tengah  antusias mengikuti kegiatan Pesta Siaga yang dilaksanakan di komplek kantor Kecamatan Pandanarum.

Anggota Majelis Pembimbing Ranting Pramuka Kecamatan Pandanarum Sudarto mengatakan meski meriah kegiatan Pesta Siaga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dengan melakukan pembatasan jumlah peserta dan Pembina pendamping.

“Adik adik pramuka saat antusias mengikuti kegiatan ini, mengingat dua tahun terakhir sempat ditiadakan karena suasana pandemic covid 19” ujarnya.

Antusias peserta dapat dilihat dengan saling kejar mengejar nilai dibeberapa mata kegiatan yang dilombakan dengan didukung persiapan matang dan latihan rutin yang dilakukan oleh masing masing sekolah.

Sementara itu Ketua panitia kegiatan Galih Budiarto mengatakan dalam gelaran Pesta Siaga kali ini ada beberapa kegiatan yang dilombakan dengan mengacu pedoman dari Kwartir Cabang.

“Beberapa kegiatan yang dilombakan antara lain ketaqwaan, karakter siaga, siaga pintar, ketrampilan pramuka, fun ball,” katanya

Adapun satu mata kegiatan yakni bumbung kemanusiaan diadakan dengan tujuan menggugah rasa kepedulian sosial dan empati serta penanaman pendidikan karekter kemanusiaan sejak dini.

Lewat kegiatan pesta siaga diharapkan selain sebagai wahana berkumpul, belajar, bermain dan menempa prestasi juga diharapkan sebagai tolak ukur hasil pembinaan adik adik pramuka disekolah yang dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan.

Berdasarkan hasil kejuaraan dan akumulasi nilai kegiatan menempatkan SDN 2 Lawen sebagai juara 1 Putri dan SDN 2 Beji sebagai juara 1 putra yang berhak mewakili Kecamatan untuk berlaga dalam event serupa tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada pertengahan maret mendatang di Politeknik Banjarnegara. (ahr13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here