Silaturahmi Ketum AWII dan Ketum FKMB menuju De’Visioner

0
172

Tangerang, MMCindonesia.id – Membuka hubungan sinergitas dan menjalin silaturahmi yang terarah menjadi tujuan utama pertemuan terjadwal bagi kedua sosok Ketua Umum.

Dengan rangkaian acara yang tidak terlalu formil membuat suasana kekeluargaan semakin terasa menyatu dan semakin akrab. Kamis, (14/10/2021).

Indra Jaya SH.,ST selaku Ketua Umum FKMB (Forum Keluarga Minangkabau Bersatu) sekaligus tuan rumah pada acara tersebut yang langsung menyambut kedatangan Prof Dr. Alex Sutejo SH., MM dan rekan pengurus dari DPP AWII (Aliansi Wartawan Independen Indonesia).

Pada topik pembahasan konsolidasi diawali dengan membuka hal terkait sejarah suku bangsa, garis persaudaraan dan keturunan melayu hingga budaya dan adat istiadat.

Menurut Ketum FKMB, perlunya membangun kembali kesatuan di NKRI ini dengan menyatukan persaudaraan dari kultur budaya asli Melayu. “Sesungguhnya ragam budaya Indonesia yang kaya akan karakteristik dan motif natural yang artistik terlihat dari kemiripan pernak pernik pada pakaian adat di setiap daerahnya, sehingga keseragaman dari keturunan rumpun Melayu pun jelas sama. Inilah alasan dimana kita harus mengedepankan ragam dan budaya kita untuk menyatukan masyarakat yang Visioner dengan kebersamaan dan persatuan dengan tidak hanya mementingkan kelompok karna NKRI harga mati.” Kata Indra.

Ditambahkan juga oleh Wakilnya, Waketum Bastian Chaniago. “Jika mengingat sejarah di tanah Minang, adat istiadat disana tidak ada singgasana kepemimpinan yang duduk seperti raja. Semua duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi sehingga menjadi ketaatan budaya pada pesan para orang tua dan leluhur kami untuk membangun persaudaraan dimanapun berada, dan ini terpakai bagi para perantau dari ranah minang.” Terangnya.

“Iya itulah budaya asli kita yang sesungguhnya sebagai masyarakat Indonesia yang dikenal santun dengan adat ketimuran nya, bukan dengan gaya ala barat.” Tambah Indra yang melanjutkan arah pembicaraan yang ingin membangun dan membentuk pergerakan demokrasi yang semestinya menyatukan sisi budaya nusantara.

Kemudian disisi lainnya, Ketum DPP AWII Alex Sutejo menyampaikan maksud dan tujuan membangun hubungan silaturahmi dengan FKMB untuk mempersatukan langkah yang bisa seiring berjalan dengan unsur media, “karna sesungguhnya media akan mengiringi langkah kegiatan dan menyampaikan suara rakyat pada ranah pemberitaan yang semestinya.” Ucap Alex.

Dan dilanjutkan oleh Achmad Sujana sebagai Wakil Sekjen DPP AWII yang kerap disapa bang Joe’na. “Kami dari AWII juga ingin membangun sinergitas melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) melalui program Diklat Jurnalistik yang bisa diserap oleh berbagai kalangan di masyarakat umum, barangkali nanti dari beberapa kelompok masyarakat yang sudah ikut Diklat akan berminat untuk melanjutkan pengetahuan tentang tupoksi dan aktivitas jurnalis. Sehingga setiap kegiatan positif di kelompok organisasi dan kelompok masyarakat lainnya di internal bisa segera tersusun pada rangkaian berita dan tersampaikan dengan baik di publish.” Jelasnya.

“Terkait pada alur topik pengembangan yang visoner dengan alur budaya dan adat ketimuran, kami pun setuju dengan trah Nusantara yang sesungguhnya NKRI terlahir dari anamah para raja Nusantara yang harus dijaga.” Tutup bang Jo.

Acara yang di hadiri oleh para pengurus KSB di DPP FKMB itupun berlanjut dengan santap makan malam bersama hingga pukul 21:00 wib dan kembali menentukan jadwal pertemuan berikutnya.
Penulis : Achmad Sujana ( Joe’na ) Pemimpin Redaksi Patroli Indonesia & Wakil Sekjen DPP AWII. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here