Forum Keluarga Minangkabau Bersatu Adakan Santunan Anak Yatim

0
182

Jakarta, MMCIndonesia.id – Kegiatan menyantuni anak yatim merupakan salah satu pekerjaan mulia di mata Allah. Sebuah amal kebaikan yang perlu dilaksanakan, utamanya di kalangan umat Islam.

Santunan anak yatim yang dilaksanakan Forum Keluarga Minangkabau Bersatu (FKMB) dengan momen Jumat Berkah adalah konsep dakwah warisan Rusullah.

Sekretaris Jenderal FKMB, Operudi Elka Putra mengatakan bahwa hari ini melaksanakan Jumat Berkah dan dirangkaikan dengan kegiatan santunan anak yatim. Menurut dia, perbuatan ini sebagai bagian dari konsep dakwah Islam.

“Menyantuni anak yatim merupakan salah satu perbuatan baik, amal makruf untuk meringankan beban hidup anak yatim. Anak yatim sangat dicintai dan disayangi Rasulullah, sehingga kita pun harus mencintai mereka,” ujar Operudi dalam keteranganya di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Menurut Ope, demikian sapaan akrabnya, selaku umat Rasulullah memiliki kewajiban menyantuni anak yatim. Bukan saja berupa uang, namun lebih dari itu adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar.

“Kita tidak boleh menelantarkan anak yatim. Karena bukan saja dalam Alquran dan Hadist melainkan juga telah diatur dalam UUD 1945. Jadi ini sebuah perintah Allah dan negara kepada warga negaranya yang mampu dan peduli terhadap anak yatim,” tegas Ope.

Kegiatan santunan anak yatim, lanjut dia, sudah menjadi sebuah kegiatan yang terprogram FKMB. Dalam merealisasikan program santunan ini dimulai Jakarta, kemudian diteruskan ke daerah lain.

“Saat ini kami masih konsen di Jabodetabek. Kegiatan Jumat Berkah berikutnya akan kami laksanakan di Bekasi dan bertempat di Yayasan Al Maa’Uun Bina Insan Pondok Yatim dan Dhuafa,” katanya.

Lebih lanjut, pemuda berdarah Minang ini mengaku, sudah mensinergitaskan FKMB dengan beberapa Ormas yaitu PEKAT-IB, Pemuda Pancasila, Laskar Merah Putih & GRIB. “Kita bersenergi dengan organisasi itu sangat penting untuk mencapai tujuan dan realisasi program kerja kita,” tandasnya.

Kegiatan Jumat Berkah, yang mendapat dukungan penuh dari Ketua Umum FKMB, Indra Jaya itu diharapkankan berjalan baik dan lancar hingga menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

“FKMB akan terus berjihat untuk mensyiar kan gerakan program berbagi secara nasional dan membangkitkan ekonomi masyarakat dengan saling bantu membantu. Dan selain itu kami juga telah menyiapkan mobil ambulance gratis bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan,” katanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here