Tekan Lonjakan Covid -19 Dinkes Kota Tangerang Bersama Kecamatan Cibodas Gelar Giat Swab Antigen

0
18

Cibodasari, MMCIndonesia.id – Guna menekan angka lonjakan Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Tangerang bersama Kecamatan Cibodas gelar kegiatan Swab Antigen, Kamis (8/07/2021) pukul 08:00wib.

Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan tes Swab Antigen ke warga masyarakat dilaksanakan untuk membantu program pemerintah dalam pencegahan serta memutus mata rantai penularan, dan penyebaran Virus Covid-19 yang hingga saat ini masih mewabah di seluruh dunia khususnya Indonesia.

Pemeriksaan Swab Antigen perlu dilakukan, sebab Pemerintah Pusat khususnya Pemerintah Kota Tangerang sudah menganjurkan kepada warga masyarakat tentang pentingnya menerapkan dan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) 5M.

Namun masih banyak warga yang tidak mematuhi, serta tidak memperdulikan himbauan tersebut terkait Prokes.

Turut hadir dalam kegiatan pemeriksaan Swab Antigen diantaranya: Camat Cibodas, Mahdiar, S.IP. Lurah Cibodasari Panji Buana, S.IP. Ka Puskesmas Cibodasari, dr. Didi, Bhabinkamtibmas Cibodasari Bripka Johan Bayu, Staf Dinkes Kota tangerang lisa, 8 personel tim medis Puskesmas Cibodasari, 4 personil PKM Cibodasari, 4 personil Staf Kelurahan Cibodas Baru dan 220 warga masyarakat.

Kegiatan ini dimulai pukul 08:00wib sampai pukul 12:00 wib bertempat di halaman parkir Pasar Bersih Malabar Jalan Karet Raya, Rt 01 / Rw 20, Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Ka Puskesmas Cibodasari dr. Didi selaku penanggumg jawab kegiatan mengatakan dalam pemeriksaan Swab Antigen ditujukan pada pengunjung Pasar Bersih Malabar, Pedagang, warga masyarakat Kecamatan Cibodas serta warga diluar Kecamatan Cibodas yang berdomisili KTP Kota Tangerang.

Masih dengan dr. Didi,” tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang dalam hal ini Upt Puskesmas Cibodasari, telah menyediakan 385 alat tes Swab Antigen untuk warga masyarakat yang hadir.

Beliau pun memberitahukan ke masyarakat yang hadir, bahwa kegiatan pemeriksaan ini tidak dipungut biaya (Gratis) dan program dari Pemkot Tangerang yang dibiayai dari APBN.

Lebih lanjut, dr Didi menambahkan apabila dari hasil tes yang dilakukan oleh tim medis dari Puskesman Cibodasari ini ditemukan hasil reaktif (Positif), maka akan dirujuk untuk lakukan PCR ke Puskesmas Cibodasari setelah itu disarankan agar menjalani isolasi mandiri selama 7 hari selagi menunggu komfirmasi ketersedian tempat ruangan di Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19.

Terakhir, dr. Didi berharap agar masyarakat di wilayah Kecamatan Cibodas yang hasilnya negatif reaktif dan ikut dalam pelaksanaan kegiatan Tes swab Antigen, agar selalu mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) 5M : Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas, serta selalu ingat bahwa wabah penyakit Virus Covid-19 lebih berbahaya dibandingkan wabah penyakit lainnya dan pandemi ini belum berakhir. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here