SeskemenkopUKM: Mencintai Budaya Nasional Bisa Tumbuhkan Rasa Bangga Buatan Indonesia

0
219

Cirebon, MMCIndonesia.id –  Guna memberikan dukungan pada pelestarian budaya dan pelaku usaha mikro dan kecil, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SeskemenkopUKM) Arif R Hakim melakukan kunjungan silaturahmi ke Sultan Keraton Kacirebonan ke IX Pangeran Abdul Gani Natadiningrat di Prabayaksa, Keraton Kacirebonan, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jum’at (28/5/2021).

Kunjungan trsebut dimeriahkan pertunjukan kesenian sintren, tari topeng kelana serta hidangan kuliner nasi bogana, dan makanan khas Cirebon lainnya.

“Kami beserta jajaran KemenkopUKM mengucapkan terimakasih karena diberi kesempatan bersilaturahmi dengan Kesultanan Kacirebonan, selain menegaskan dukungan kami pada pelestarian budaya juga memperkuat dukungan pelaku usaha mikro dan kecil,” kata SeskemenkopUKM Arif R Hakim.

“Kami sangat bangga bisa menyaksikan kebudayaan Kesultanan Cirebon dan mudah-mudahan menambah kecintaan kita semua pada budaya nasional dan memperkuat semangat kita dalam mencintai produk buatan Indonesia, terlebih kita sekarang mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia (BBI),” tambah Arif R Hakim.

Produk UMKM

Sementara itu Sultan Keraton Kacirebonan Pangeran Abdul Gani Natadiningrat menyambut gembira kunjungan silaturahmi SeskemenkopUKM sekaligus memberikan apresiasi atas support SeskemenkopUKM Arif R Hakim terhadap pelestarian budaya nasional khususnya warisan budaya Keraton di Indonesia.

Pangeran Abdul Gani menjelaskan, Cirebon terkenal dengan heritage pusaka sejarah yang sudah melalui perjalanan panjang.
Banyak hal- hal yang unik dan menarik terkait kearifan lokal dan produk UMKM.

Ia mencontohkan, kerajinan batik dengan motif Megamendung yang juga bisa dibuat ukiran dan lukisan kaca , plakat batik. Juga kerajinan topeng yang diilhami seni tari Gedok.

“Selain produk UMKM, keraton juga memiliki paket wisata sejarah, Dinner bersama Sultan dan pertunjukan tari-tarian. Namun karena pandemi, sudah tiga bulan terakhir ini paket wisata ke Keraton ikut terdampak,” jelas Pangeran Abdul Gani.

Pangeran yang pernah beberapa tahun bekerja di perbankan sebelum menjadi Sultan Kacirebonan ini menambahkan, kini pihaknya bersama permaisuri merintis kerajinan manik-manik yang dijual secara online maupun offline. “Skalanya masih kecil untuk kegiatan para abdi dalem Keraton, dan Alhamdulillah permintaan mulai banyak,” tambahnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here