Terbentuknya FKMB Diharap Menjadi Wadah Organiasasi Masyarakat Minangkabau

0
97

Tangerang, MMCIndonesia.id, –  Terbentuknya Forum Keluarga Minangkabau Bersatu (FKMB) di Kota Tangerang diharap dapat menjadi wadah bagi seluruh organisasi masyarakat minangkabau. Forum tersebut terbentuk atas dasar permintaan ninik mamak, para alim ulama Minangkabau di seluruh negeri untuk mempersatukan masyarakat Minangkabau.

Hal tersebut disampaikan oleh Indra Jaya, yang mana dirinya ditunjuk langsung oleh 13 perwakilan dari setiap kecamatan di Kota Tangerang untuk dijadikan sebagai Ketua Umum FKMB, Sabtu (01/05/2021).

Dalam kegiatan pembentukan FKMB tersebut, diisi dengan serah terima kaos, dan pelepasan seragam IKM, serta pemaikan kaos FKMB secara simbolis oleh Indra Jaya kepada seluruh pengurus FKMB yang disaksikan langsung oleh para tamu undangan, dan tokoh masyarakat.

“Seluruh ninik mamak, cadiak pandai, dan alim ulama meminta agar seluruh masyarakat minang yang ada di seluruh negeri agar dapat bersatu, tidak mempertahankan ego, tidak hanya mempertahankan kepentingan – kepentingan pribadi, tapi lebih mengedepankan kepentingan masyarakat banyak untuk mempersatukan masyarakat Minang diseluruh negeri,” papar Indra Jaya.

“Kami sudah mendaftar di Kemenkumham, dan FKMB ini sebagai organisasi yang membawahi organiasi – organisasi Minang yang ada di seluruh negeri ini,” ujar Indra.

Ditanya mengenai beberapa masyarakat Minangkabau yang berada di luar negeri, Indra Jaya menyampaikan bahwa FKMB telah melebarkan jaringan hingga ke luar negeri.

“Alhamdulillah, kami telah melebarkan jaringan hingga ke luar negeri, termasuk di Arab Saudi, Malaysia, dan beberapa Negara lainnya yang nanti Insyaallah akan segera mendeklarasikan diri dalam Forum Keluarga Minangkabau Bersatu,” ujar Indra.

Indra menambahkan bahwa dirinya pun berharap agar seluruh keluarga Minangkabau di FKMB dapat merangkul, mempersatukan masyarakat Minangkabau yang ada di perantauan. Dan segera akan mulai bergerak untuk bekerja.

“Ke depan, kita akan segera melakukan konsolidasi, mempersatukan seluruh pengurus – pengurus yang ada di seluruh wilayah, dan kita juga akan melakukan Rakernas yang mana nantinya akan ada pembahasan bahwa pergerakan – pergerakan FKMB, baik itu sosial, atau lainnya ialah berasal dari basis bawah, hingga ke atas,” pungkas Indra. (Rama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here