Jumat Berkah DPD IKM Kota Tangerang: Tebarkan Kasih Sayang, itu Akan Menyelamatkan Kita

0
93
Dari kiri: H. Taufik Abbas, Ketua Bidang Keagamaan DPP IKM, Indra Jaya Ketua DPD IKM Kota Tangerang, Ust. Abdurrahman, Ust. Helmi Djatnika, di Ruang Kerja Indra Jaya, Jalan Teuku Umar Nomor 5A Karawaci, Kota Tangerang, Jumat (12/3/2021). Foto: Iskandar P Hadi

KOTA TANGERANG, MMCIndonesia.id – Ust Helmi Djatnika dalam sebuah Kultum di Ruang Kerja Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Minang (DPD IKM) Kota Tangerang, Jumat (12/3/2021), mengatakan: Rahmatan. Kasih sayang yang akan menyelamatkan kita semua.

Hal itu disampaikan oleh Ustad Helmi dalam rangka mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh DPD IKM Kota Tangerang yang dipimpin oleh saudara Indra Jaya, yang dengan istiqomah melakukan gerakan Jumat Berkah, menebarkan kasih saying pada orang-orang yang selesai melaksanakan Shalat Jumat .

“Kasih saying inilah yang oleh Rosulullah diperintahkan. Sayangilah yang ada di muka bumi ini, tebarkanlah kasih sayang pada mereka, maka makhluk yang di langit yang jumlahnya pastinya lebih banyak dibandingkan dengan manusia di muka bumi ini akan menyayangi kalian semua,” tambahnya.

Bahwa kita masuk ke sorga tidak mungkin mengandalkan amal kita, kita masuk ke dalam surga tidak mungkin mengandalkan shalat kita, tak mungkin mengandalkan puasa kita. Tak mampu shalat kita bisa membayar kenikmatan yang tiap hari Allah berikan kepada kita. Tapi semoga kasih sayang ini yang akan membawa kita ke dalam surganya Allah SWT.

Dikisahkan, Imam Al Ghozali Radhiyallahu ‘anhu, seorang Ulama Besar. Ketika beliau meninggal dunia dimimpikan oleh beberapa ulama. Ulama-ulama besar memimpikan Al Ghazali dalam keadaan tenang dan senang. Ditanyakan kepada Al Ghazali, “Apa yang kira-kira menjadikan engkau dalam ketenangan dan kenyamanan seperti ini? Apakah karena engkau punya karangan kitab-kitab yang bermanfaat? Dijawab oleh Al Ghazali, bukan! Apakah karena engkau dengan argumentasinya mampu mematahkan orang-orang yang mengkritik Islam? Dia katakana, bukan.

“Semua ini dikarenakan suatu ketika, pada suatu hari, dia sedang menulis sebuah kitab. Dulu, nulis kitab pulpennya bukan pulpen seperti sekarang. Tapi pulpen yang ditutul kemudian ditulis ada tintanya yang mleber. Ketika dia nulis tiba-tiba ada lalat, lalat yang nemplok di air tita tersebut, kemudian meminum tintanya. Imam Al Ghazali berhenti nulis, tidak mengusir lalat tersebut. Rahmatan. Karena kasih saying kepada lalat. Itulah ternyata yang menyelamatkan beliau.

Di tempat yang sama, Ustad Abdurrahman, juga memberikan apresiasi kepada Ketua DPD IKM Kota Tangerang, Indra Jaya, dalam kegiatan sosialnya.

“Kalau saya mengacu kepada tuntunan di dalam agama Islam, ini sudah sesuai dengan apa yang sudah dianjurkan, diajarkan dan dicontohkan oleh Kanjeng Nabi Kita Nabi Muhamad SAW,”kata Ustad Abdurrahman.

Dalam sebuah hadist Rosulullah mengatakan yang artinya: Demi dzat yang jiwaku berada di dalam genggamannya, tidaklah akan masuk surge sehingga mereka beriman. Tidaklah dia itu beriman sehingga dia itu saling mencintai. Lalu Nabi bersabda, maukah aku beritahukan kepada kalian yang apabila kalian mengerjakannya, maka kalian saling mencintai.

Kata Rosulullah melanjutkan sabdanya dengan mengatakan ‘sebarkan kasih sayang diantara kalian’. Di dalam hadist yang lain, Rosulullah juga mengatakan ‘Wahai sekalian manusia sebarkan salam/sebarkan kasih sayang dan kepedulian kita kepada sesame kita, berikan makan mereka. Selanjutnya, ‘sambung silaturakhim dan bangunlah di tengah malem untuk beribadah kepada Tuhanmu ketika orang-orang sedang terlelap tidur.’

Maka Rosulullah mengajarkan, ‘Niscaya engkau akan masuk surge dengan Cespleng dan selamat dengan hizab yang dimudahkan oleh Allah SWT’.

Mudah-mudahan di bulan Rajab dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi kita Nabi Muhamad SAW kita memiliki inspirasi, “Beliau sudah diangkat dengan derajat yang begitu tinggi di sisi Allah SWT. Ke Sidratul Muntaha ketemu dengan Allah langsung, mendapat apresiasi dari Allah dan menerima suatu perintah yang luar biasa untuk kita juga yaitu Shalat 5 waktu. Tetapi Rasulullah tetap harus turun ke bumi, bagaimana membumikan nilai-nilai Illahiah, rahman dan rahimnya Allah SWT, menyampaikan risalahNya beliau tidak melupakan untuk kebaikan dan kemaslahatan umatNya dan umat manusia.

Maka, mudah-mudahan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Bapak Indra Jaya ini dengan DPD IKM Kota Tangerang dan 13 DPC IKM yang ada ini, saya mendoakan semoga ini menjadi jalan menyambungkan silaturahmi di antara kita umat islam, khususnya dan juga bisa menjadi ketauladanan bagi umat-umat yang lain. Mudah-mudahan bisa menjadi jalan amal ibadah kita mengantarkan kita kelak masuk sorganya Allah SWT.

Sementara, H. taufik Abbas, Ketua Bidang Keagamaan DPP IKM mengajak kepada DPD IKM Kota Tangerang pimpinan Indra Jaya untuk tetap istiqomah dan terus berbuat baik karena ‘tidak ada kebaikan yang tertukar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here