Pertama Kalinya Pemilihan Ketua RT Serentak

0
95
Pemilihan Ketua RT Serentak, RW 05 Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang pada Sabtu (26/12/2020). Foto: Iskandar P HAdi

KOTA TANGERANG, MMCIndonesia.id – Ini pertama kalinya di Kota Tangerang, bahkan mungkin di Indonesia, Pemilihan Ketua RT Serentak. Adalah RW 05 Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang yang menyelenggarakan Pemilihan Ketua RT Serentak, pada Sabtu (26/12/2020).

Alimarisan, Ketua RW 05 Kelurahan Cibodasari sekaligus Ketua Panitia Pemilihan mengatakan, pemilihan serentak ini melibatkan 6 RT, yakni RT 01, RT 02, 03, 04, 05, dan RT 06. Semuanya masuk dalam lingkup RW 05 Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.

Pemilihannya dilakukan secara serentak di RT masing-masing pada hari dan tanggal yang sama, bahkan pada waktu yang bersamaan. Kemudian penghitungan suaranya dilakukan di Pos Yandu Kenanga RW 05 Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, dengan menghadirkan panitia, kontestan, serta Babinsa dan Babinkamtibmas kelurahan Cibodasari, dengan tetap menjaga protocol kesehatan.

Dilakukannya pemilihan serentak, kata Ali, karena beberapa alasan, pertama, alasan efisiensi. Dengan dilakukan secara serentak maka biaya dapat ditekan menjadi serendah mungkin. Kedua, karena alasan Protokol Kesehatan.

“Seperti kita ketahui bahwa Covid-19 belum benar-benar mereda sehingga pemilihan Ketua RT serentak dilakukan dengan standar protokol kesehatan yang ketat yakni dengan tidak mengundang kerumunan,” papar Ali.

Pemilihan dilakukan secara serentak di masing-masing RT secara door to door. Panitia mendatangi pemilih yang diwakili oleh Kepala Keluarga untuk memeberikan suaranya, dari rumah ke rumah.

“Untuk menjaga netralitas, maka panitianya di rolling. Panitia Pemungutan Suara tidak berasal dari RT yang sama dengan kontestan. Panitia dari RT 01 bertugas di RT 03 dan seterusnya, sehingga netralitas tetap terjaga,” tambah Ali.

Dengan demikian pemilihan tetap berjalan demokratis, namun tetap menjaga protokol kesehatan dengan sangat baik, angka golput juga sangat kecil hampir-hampir tidak ada, dan biaya operasionalnya sangat kecil.

Semoga apa yang telah kami lakukan dapat juga diterapkan di wilayah lain sehingga apa yang telah kami lakukan membawa manfaat bagi kita semua, pungkas Ali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here