Pedagang Pasar Sayur Banjarnegara Berharap Penataan Pasar Sayur Lebih Tertib

0
213
Pedagang Pasar Sayur Pasar Kota Banjarnegara mengadakan audensi dengan Pj Bupati Banjarnegara di rumah dinas Bupati pada Rabu (13/9/2023) . (foo/ahr)

MMCindonesia,id,Banjarnegara – Pedagang  Pasar Sayur Pasar Kota Banjarnegara mengadakan audensi dengan Pj Bupati Banjarnegara di rumah dinas Bupati pada Rabu (13/9/2023) .

Mereka berharap  Pembangunan pasar sayur segera rampung sehingga mereka bisa segera menempati lokasi baru usai menempati pasar darurat di Komplek stadion Banjarnegara.

Mereka juga meminta pemerintah daerah bisa menata pasar sayur lebih tertib sehingga dalam pembeli bisa berbelanja dengan nyaman.

Ketua Paguyuban pasar sayur Banjarnegara Wahyuningsih mengatakan, penempatan para pedagang jika nantinya pasar sayur sayur sudah bisa dipakai terlebih dahulu diadakan musyawarah antara  pihak pengelola  dalam hal ini pemerintah dan para pedagang.

“Kami mendengar katanya akan diadakan zonasi di lokasi pasar yang baru nanti, kami berharap di musayawarahkan dahulu, karena kami berharap lokasinya tidak menyulitkan pembeli sehingga dagangan kami laku,” katanya

Ia menambahkan, jika nantinya sudah pindah, pihaknya juga meminta agar dilakukan penatanan dan penertiban area parkir, karena sebelumnya area parkir kurang tertata sehingga menyulitkan lalu lintas para pedagang.

“Kami minta pak, nanti area parkir ditertibkan sehingga para pedanag bisa leluasa masuk ke  dalam  area pasar, dan para pembeli juga lebih nyaman dalam berbelanja,” lanjutnya

Sementara pedagang lainnya wartam meminta agar petugas bisa lebih menertibkan para pedagang dari luar kota yang datang ke pasar kota dan berjualan di luar area pasar , kondisi ini menurutnya akan merugikan para pedagang karena mereka menjual dengan harga lebih murah

“Para pedagang dari luar kota itu berjualannya di luar area pasar dan dengan harga lebih murah karena panen dari kebun sendiri, itu sangat merugikan kami yang berada didalam pasar, kami mohon petugas bisa menertibkan para pedagang liar itu,” harapnya

Sementara Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto pada kesempatan tersebut mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah  ingin memberikan kenyaman pada pedagang.

Hanya saja tidak semua keinginan para pedagang harus bisa terakomodir, karena ada aturan-aturan yang harus dilakukan dan semua itu demi untuk keamanan dan kenyamanan para pedagang.

“Terkait dengan zonasi pedagang seharusnya memang dilakukan, karena tidak mungkin pedagang di campur dalam satu tempat dan terpisah, misalkan pasar sayur dengan sayur, daging dengan pedagang daging , jadi ada penataan,” Ujarnya.

Tri Harso menambahkan, jika nantinya akan dilakukan zonasi, pemerintah daerah akan menfasilitasi dengan mengadakan musyawarah antara pedagang dan pengelola, semua terbuka dan tidak ada yang ditutup tutupi.

Ia juga meminta agar para pedagang tidak menarik pedagang-pedagang baru agar dalam penataan nantinya tidak kesulitan karena adanya pedagang baru.

“Pemerintah daerah akan terus memantau perkembangan di pasar sayur, termasuk masalah parkir dan pedagang liar di luar pasar yang mengganggu lalu lintas dan menyalahi aturan pasar,” katanya.

Sementara berdasarkan laporan, saat ini pengerjaan pembangunan pasar sayur Banjarnegara  sudah mencapai 85 persen lebih, dan diharapkan pada 10 Desember 2023 nanti sudah bisa digunakan para pedagang.( Adz)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here