Ungkapkan Rasa Syukur, Warga Desa Sirukun di Banjarnegara Menggelar Kirab 1000 Tenong

0
116
Ungkapkan Rasa Syukur, Warga Desa Sirukun di Banjarnegara Menggelar Kirab 1000 Tenong .(foto/ahr)

MMCindonesia.id, Banjarnegara – Sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang melimpah, warga Desa Sirukun, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara Jawa Tengah menggelar Kirab Tenong Kemakmuran Hasil Bumi, Pada Kamii (1/6/2023).

Seribu tenong berisi, nasi, lauk pauk dan makanan olahan hasil bumi dibawa oleh warga berkeliling desa dengan menggunakan pakaian adat jawa. Terdapat pula dua gunungan berhiaskan sayuran dan buah-buahan. Selain itu pusaka leluhur Desa Sirukun juga ikut dibawa dalam kirab ini.

Usai melaksanakan kirab, warga melaksanakan doa dan menikmati makanan hasil bumi bersama-sama di Lapangan Desa Sirukun.

Kepala Desa Sirukun, Karpi menyampaikan, acara tersebut digelar sebagai wujud syukur kepada Tuhan dan suka cita warga atas hasil panen yang melimpah. Menurutnya, hasil panen baik dari perkebunan maupun pertanian di wilayahnya pada tahun ini meningkat hingga 30%.

“Alhamdulillah pada tahun ini hasil panen di Desa Sirukun melimpah, baik untuk perkebunan maupun pertaniannya, seperti padi, jagung, sayuran dan buah-buahan,” ungkapnya

Selain kirab tenong, juga diadakan pagelaran wayang kulit, pertunjukan seni dan pameran UMKM produk lokal warga Sirukun untuk memeriahkannya, imbuh Karpi.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto memberikan apresiasi kepada pemerintah desa dan warga Sirukun atas terselenggaranya Kirab Tenong Kemakmuran Hasil Bumi. Dia menilai kegiatan tersebut sarat akan kearifan lokal dan nguri-nguri warisan leluhur.

“Ini kegiatan yang luar biasa, melestarikan budaya yang ada. Semoga membawa keberkahan bagi kita semua,” ucapnya

Dia menilai kegiatan ini juga bisa menjadi upaya untuk mempererat kerukunan dan persatuan warga. Apalagi memasuki tahun politik, dia mengingatkan warga Sirukun agar tetap menjaga persatuan dan tidak terpecah belah dikarenakan beda pilihan maupun adanya berita atau informasi yang berpotensi mengganggu kondusivitas.

“Harapan kami warga selalu guyub rukun, tentram, aman dan sejahtera,” katanya. (Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here