Pastikan Arus Mudik Berjalan Lancar, Forkompimda  Banjarnegara Cek Posko Mudik Lebaran

0
123
Pastikan Arus Mudik Berjalan Lancar, Forkompimda Banjarnegara Cek Posko Mudik Lebaran.(foto/doc)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Untuk memastikan kelancaran lalu lintas arus mudik serta kenyamanan para pemudik yang melintas jalur tengah. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banjarnegara menyambangi sejumlah posko mudik Lebaran.

Pemantauan diikuti Oleh Sekda Banjarnegara Indarto, Kapolres AKBP Hendri Yulianto, Dandim Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, Ketua DPRD Ismawan Setya Handoko, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjarnegara R Angga Aprianto, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Tursiman S.Sos, Kepala BPBD Aris Sudaryanto, S.Pd., M.M, Para OPD Pemkab Banjarnegara.dan sejumlah pejabat dilingkungan pemkab Banjarnegara.

Rombongan mengunjungi  Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi (OKC) 2023 di Alun-alun serta  Pos Pengamanan di Singomerto Sigaluh Banjarnegara, pada Rabu (19/4/2023).

Pada kesempatan itu, juga dibagikan bingkisan Lebaran kepada petugas dari sejumlah instansi yang bertugas di pos Lebaran.

Kepada media, Sekretaris Daerah Banjarnegara Drs Indarto, M.Si mengatakan, pendirian posko pelayanan dan pengamanan dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam melayani masyarakat yang mudik Lebaran.

“Kami bekerja sama dengan Kodim, Polres dan unsur lainnya, diharapkan  dengan adanya pelayanan ini para pemudik merasa aman dan nyama  selama perjalanan mudik, Pos ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Banjarnegara bersama,” katanya.

Indarto menambahkan, Posko mudik disiapkan di lima titik, yaitu  di Alun-alun, Singamerta, Klampok, Terminal Induk dan Dieng.

Sebelumnya Pemkab Banjarnegara juga memberikan layanan mudik gratis bagi warga Banjarnegara yang merantau di luar kota.

Para pemudik yang merantau di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diberikan fasilitas mudik gratis dengan segala fasilitas termasuk konsumdi selama perjalanan.

“Bantuan dari pemkab Banjarnegara ini harapannya akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan mudik,” lanjutnya.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, pengecekan dilakukan guna memastikan kesiapan personel dan kelengkapan pos saat pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023.

“Ada beberapa hal yang dicek yakni kesiapan dan kelengkapan personel, kelengkapan pos, data-data, serta administrasi pendukung,” ujarnya

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi ketupat candi 2023 Polres Banjarnegara mendirikan 5 pos, yang terdiri 3 pos pengamanan, 1 pos terpadu dan 1 pos pelayanan.

“Satu pos terpadu di Alun-alun Banjarnegara, satu pos pelayanan (pos yan) di terminal induk dan tiga pos pengamanan (pos pam) di Purwareja Klampok, Singomerto Sigaluh dan Batur Dieng,” ujar dia.

Operasi Ketupat Candi (OKC) 2023 dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 18 April sampai 1 Mei 2023 dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung kegiatan gakkum, humas dan bantuan operasi.

“Operasi Ketupat Candi 2023 adalah operasi terpusat untuk pengamanan mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dengan tema mudik aman berkesan,” katanya.

Ia menyebutkan, sedikitnya 292 personel gabungan dari TNI, Polri, serta instansi dan relawan yang ada di Banjarnegara, siap untuk terjun dalam pengamanan selama operasi ketupat candi 2023. (Adz)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here