Pentas Kuda Kepang Banjarnegara Bertema ‘Aswa Nawa’ di Kota Tua Jakarta

0
130

MMCindonesia.id, Banjarnegara -Kesenian Kuda Kepang Banjarnegara pentas di halaman Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua Jakarta Barat, Minggu siang, 19 Maret 2023.

Selain atraksi kesenian rakyat kuda kepang, Gelar Budaya bertajuk Pentas Seni ‘Aswa Nawa’, juga diramaikan dengan pameran ekonomi kreatif khas Banjarnegara.

Adapun kelompok kesenian yang tampil adalah grup kesenian kuda kepang “Langgeng Lestari Budaya” Desa Clapar, yang berkolaborasi dengan Sanggar Seni “Mahira” Desa Kutayasa, keduanya desa di Kecamatan Madukara.

Tari-tarian apik yang dipentaskan duta seni Banjarnegara siang hingga petang hari ini antara lain : Tari Genggong, Tari Sontoloyo, Minakjinggo Gandrung, Kuda Kepang Putri, dan Tari Sulasih Sulanjana, yang menggambarkan daya tarik wisata tradisional yang dipromosikan ke ibu kota untuk menarik wisatawan dan menyatukan paseduluran warga Banjarnegara.

Hadir pada gelar budaya tersebut antara lain : Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH beserta Ibu Lucia Tri Harso, Sekretaris Daerah Drs. Indarto M.Si beserta Ibu Sri Rejeki, Ketua Komisi II DPRD Mohammad Rahmanuddin, Plt Kepala Disparbud Tursiman S.Sos dan sejumlah kepala OPD di lingkungan
Pemkab Banjarnegara.

Adapun dari Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, diwakili Kasubdit Promosi dan Informasi, Menuk Indriastuti. Ribuan warga Banjarnegara yang tinggal di Jakarta dari Paguyuban Solidaritas Wong Banjarnegara (PSWB) juga turut hadir memeriahkan, dengan ketua Hadi Wahyono.

Kasubdit Promosi dan Informasi Badan Penghubung Jateng, Menuk Indriastuti dalam sambutannya menyatakan gembira dengan adanya pentas seni ini, setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

“Dua tahun kegiatan ini vakum, tentunya ini menjadi rasa syukur, harapan dan semangat baru yang digelorakan dan digaungkan untuk mencapai cita-cita luhur bangsa,” katanya.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH, memberikan apresiasi yang tinggi dengan pentas seni dari duta budaya Banjarnegara. Dipilihnya kompleks Kota Tua untuk menjangkau lebih banyak pengunjung.

“Pentas ini sangat bagus, apalagi sekarang bisa digelar di Kota Tua. Semoga semakin menggairahkan para seniman untuk berekspresi dan menghibur masyarakat Banjarnegara terutama yang ada di Jakarta, untuk bersama-sama membangun daerahnya,” harapnya.

Adapun salah seorang warga Banjarnegara di Jakarta, Arifin, anggota PSWB, mengaku sangat senang dengan adanya pentas ini.

“Pentas ebeg ini pastinya membuat kita senang dan bisa jadi obat kangen pada kesenian Banjarnegara. Semoga lebaran kami bisa mudik,” ucap warga Pasar Manis Punggelan ini. (Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here