Popda 2023 Resmi dibuka , Ini pesan Sekda Indarto Pada Sekolah

0
207

Banjarnegara, mmcindonesia.id – Sekretaris Daerah Banjarnegara Drs. Indarto M.Si meminta kepada sekolah agar melakukan pembinaan olahraga pelajar mulai anak usia dini, sehingga akan bisa membentuk karakter sebagai seorang atlet sejak dini.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Pekan Olah Raga Pelajar Daerah Tingkat Kabupaten Banjarnegara 2023 di stadion Soemitro Kolopaking Senin (6/3/2023).

“Pembinaan olagraga di tingkat pelajar mempunyai peran penting sebagai upaya untuk menjaring calon-calon atlet muda berbakat yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi atlet yang berprestasi di tingkat propinsi dan nasional,” katanya

Menurutnya proses pembinaan harus dilakukan rutin dan berjenjang sehingga jelas pencapaiannya, dan salah satunya adalah melalui ajang Popda yang mempunyai jenjang jelas dari tingkat daerah hingga level Internasional.

“Kami berharap Popda 2023 ini akan mampu melahirkan atlet-atlet muda potensial dan mampu mengharumkan nama daerah melalui prestasi olahraga,” harapnya
Lebih jauh Indarto mengingatkan agar momentum Popda benar-benar dijadikan ajang untuk mencari atlet berprestasi sehingga perlu ada kerjasama semua pihak baik atlet, pelatih dan dewan juri.

“Kepada panitia kami minta untuk melaksanakan tugas dengan baik, dengan mengedepankan kejujuran, profesionalisme dan sportifitas,” lanjutnya
Ia juga meminta kepada atlet yang kalah untuk tetap semangat dan tidak putus asa, sedangkan para juara untuk tidak besar kepala karena tantangan kedepan makin berat dan membutuhkan keseriusan dalam berlatih.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banjarnegara Teguh Handoko S.Sos mengatakan, Popda Banjarnegara dilaksanakan mulai 6-10 Maret 2023, diikuti sekitar 2.000 peserta siswa-siswi yang bertanding pada 12 cabang olah raga yaitu Atletik, Sepakbola, Karate, Sepaktakraw, Bola Basket, Pencak Silat, Bola Voli Indor ,Panahan, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Renang, dan Bulutangkis.

“Popda ini diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan untuk mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar serta memilih atlet terbaik yang akan mewakili Kabupaten Banjarnegara pada ajang lebih tinggi yaitu karesidenan Banyumas dan Propinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Teguh juga mengatakan jika Popda di gelar tidak hanya semata mencari juara namun juga untuk membentuk jiwa sportifitas, Jiwa kejujuran, dan persahabatan antar atlet Popda sekaligus menjalin silaturahmi yang baik antar sekolah.(Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here