Angka Kemiskinan Menurun, Tapi Masih Ada 14 Ribu Lebih Lebih Warga Miskin Ekstrem di Banjarnegara

0
151
Butuh kerjasama semua [ihak dalam rangka kemiskinan.(foto/ahr)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Meski jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah turun, namun jumlah warga miskin ekstrem di Banjarnegara jumlahnya masih cukup banyak. Dari data yang dirilis BPS tahun 2022 saat ini masih menyisakan sekitar 14.230 penduduk miskin yang tergolong ekstrem.

Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto mengatakan, berasarkan rilis resmi PBS, angka miskin ekstrem di Banjarnegara mengalami penurunan dari 3,95 persen menjadi 1,53 persen. Dengan penurunan ini, posisi Banjarnegara saat naik ke posisi 16 besar Jawa Tengah.

“Angka ini memang menurun, dibanding tahun 2021 yang menembus angka 36.590 penduduk miskin ekstrem, ” katanya kepada media Kamis (5/1/2022).

Indarto menambahkan, pada tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga mengalami trend positif. Hal ini bisa dilihat dari Indikator Kinerja Makro Pembangunan Kabupaten Banjarnegara berdasarkan rilis BPS tahun 2022, untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banjarnegara tumbuh 1,11 persen dibanding tahun 2021.

Sementara untuk penduduk miskin, juga mengalami penurunan 1,03 persen atau menyisakan sebesar 15,20 persen dibanding tahun 2021 yang mencapai 16,23 persen.

“Penduduk miskin turun dari 150.190 orang menjadi 141.250 orang, atau ada 8.940 orang yang sudah lepas dari garus kemiskinan ditahun 2022,” lanjutnya.

Selain itu, tingkat pengangguran terbuka di Banjarnegara juga turun 0,11 persen dibanding tahun 2021 yang mencapai 5,86 persen. Sedangkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), naik menjadi 82,75 persen dari tahun 2021 sebesar 82,56 persen.

Tidak hanya itu, Pj Bupati Banjarnegara juga menjadi yang terbaik nasional untuk kriteria Pj Bupati pada triwulan pertama berdasarkan hasil evaluasi dari Kemendagri.

“Kami mengucapkan selamat pada Pj bupati Banjarnegara, karena meraih predikat pertama hasil evaluasi Kemendagri kategori Pj Bupati,” katanya.

Di temui secara terpisah, Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, mengucapkan terimakasih pada seluruh jajaran OPD dan staf Pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang telah bersama-sama berjuang untuk Banjarnegara lebih baik lagi.

“Saya tidak mungkin melakukannya sendiri, prestasi yang Banjarnegara tidak lepas dari peran kawan-kawan OPD yang telah bekerja keras menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Ia juga meminta agar di tahun 2023, ada peningkatan pretasi yang signifikan terkait dengan permasalahan di Kabupaten Banjarnegara.

“Seperti himbauan dari gubernur Jawa Tengah kepada pemerintah daerah agar tahun 2023 untuk menyelesaikan permasalahan termasuk yang utama yaitu kemiskinan dengan memberdayakan semua pihak,” katanya

Menurutnya kekompakan dan solidaritas serta kerja tim seluruh elemen harus ditingkatkan, agar bisa mencapai hasil puncak prestasi yang lebih baik, mampu menjaga integritas dan mampu mengoptimalkan potensi dan sumberdaya yang ada.(Adz)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here