Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 94, Ini kata Pj Bupati Banjarnegara

0
70
Pj Bupati Banjarnegara Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda.(foto/doc)

MMCindonesia.id, Banjarnegara. Penjabat Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto,SH memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Banjarnegara di Halaman Kantor Bupati Banjarnegara, Jumat (28 /10)

Upacara diikuti oleh Jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Banjarnegara anggota TNI, POLRI, Para Kepala OPD  Banjarnegara, Satpol PP, Dishub Banjarnegara, ASN, Organisasi Pemuda dan  siswa sekolah SMA di Banjarnegara.

Penjabat Bupati Banjarngara, Tri Harso Widirahmanto saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali mengatakan peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan di pelajari ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primoradial, suku, agama, ras, dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai factor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerekan.,”ujarnya.

Tri Harso  juga menambahkan peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang di ikuti dengan rangkaian pergerakan – pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Tema Bersatu Bangun Bangsa memeberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati, yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam kontek kekinian dan akan datang, ” lanjutnya

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang pungung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Lebih lanjut Tri Harso mengatakan pada kesempatan yang baik ini bermula dari titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Kerja kerja kolaboratif antara pihak perlu dikembangkan karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri – sendiri atau parsial pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

Dalam acara tersebut juga di serahkan penghargaan inovasi pelayanan publik Top 99 diberikan kepada dr Sulistiowati instansi Dinas Kesehatan Banjarnegara dengan inovasi jaga rasa jaga kelompok rawan agar sehat dan aman dari covid 19 dan Eka sulistiya instansi UPTD Puskesmas Pagentan 2 dengan inovasi aksi jitu atasi masalah gizi.(Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here