Tekan Angka Stunting, Pemkab Banjarnegara Gelar Penimbangan Serentak Balita dan Inputing Data ELSIMIL

0
110
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto saat melaunching dan menyaksikan Penimbangan Serentak Balita dan Inputing Data Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL) di Posyandu Ngesti Rahayu 4, Dusun Kalipelusan, Desa Kebondalem Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Jumat (26/8/2022).(foto/ahr)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Penimbangan balita di Posyandu merupakan langkah awal untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak. Melalui Posyandu pula para orang tua akan mendapatkan pengetahuan terkait gizi dan imunisasi yang lengkap.

Hal tersebut diutarakan oleh Pj Bupati Banjarnegara saat melaunching dan menyaksikan Penimbangan Serentak Balita dan Inputing Data Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL) di Posyandu Ngesti Rahayu 4, Dusun Kalipelusan, Desa Kebondalem  Kecamatan Bawang, Kaaen Banarnegara, Jawa Tengah Jumat (26/8/2022).

“Pemantauan balita di Posyandu ini menjadi upaya menanggulangi kasus stunting dan juga untuk validitas data,” katanya

Pj Bupati Tri Harso mengatakan, kegiatan penimbangan serentak ini dilaksanakan di Posyandu se Kabupaten Banjarnegara dan akan digelar selama bulan Agustus 2022. Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan jumlah kasus stunting yang valid di wilayah Kabupaten Banjarnegara

Angka stunting di Kabupaten Banjarnegara masih cukup tinggi, yaitu 21,46% atau masih di atas target nasional sebesar 14%.

Oleh karena itu untuk mengatasi kasus stunting di Banjarnegara diperlukan data yang valid untuk mengetahui kasus stunting yang ada dan menajamkan kembali strategi dalam menyelesaikan masalah tersebut.

“Validitas data kasus stunting sangat penting guna menentukan intervensi yang akan dilakukan,” lanjutnya

Tri Harso juga berpesan kepada para calon pengantin untuk melakukan input data pada aplikasi ELSIMIL serta mengikuti bimbingan perkawinan dengan sebaik-baiknya sebagai bekal sebelum memasuki jenjang pernikahan sehingga nantinya dapat melahirkan generasi penerus yang sehat dan berkualitas. (adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here