MTs N 4 Banjarnegara Miliki Program Rutin Undang Ilmuwan ke Sekolah

0
164
MTs N 4 Banjarnegara Miliki Program Rutin Undang Ilmuwan ke Sekolah.(foto/awn)

BANJARNEGARA – Saat ini animo masyarakat Banjarnegara, Jawa Tengah  untuk menyekolahkan putra putrinya ke Madrasah baik MI, MTs, ataupun MA semakin tinggi.

Terbukti di sejumlah madrasah jumlah peserta didik baru dari tahun ke tahun semakin meningkat, tak terkecuali MTs N 4 Banjarnegara.

Kepala MTs N 4 Banjarnegara Sidik Wibowo Akhmad mengatakan mutu proses dan hasil pendidikan di sekolah yang baru dipimpinnya itu juga tidak kalah bagus dengan sekolah lainnya.

“Untuk itu, kami berkomitmen mendatangkan tokoh-tokoh nasional hadir disini memberikan inspirasi bagi peserta didik dan guru,” ujarnya Senin (18 /7/2022.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk mengawali komitmen tersebut pihaknya mendatangkan Dr Tuswadi yang notabenya seorang ilmuwan sekaligus guru ASN.

“Kami berharap hadirnya Dr Tuswadi yang merupakan ilmuwan kebencanaan pada Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) mampu memberikan spirit serta berbagi tips menjadi pelajar berprestasi dan berkarakter untuk Madrasah unggul.

Sementara itu, Dr Tuswadi mengatakan bahwa anak-anak yang bersekolah di Madrasah itu memiliki kesempurnaan dalam menuntut ilmu.

“Kalian generasi hebat, bersekolah di Madrasah dimana kalian bukan hanya belajar ilmu umum tetapi ilmu agama juga diperkuat,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, keseimbangan ilmu sangat penting bagi bekal peserta didik agar menjadi generasi unggul dan kelak menjadi calon pemimpin.

Dalam kesempatan terssebut, Dr Tuswadi memberikan tips praktis kepada peserta didik tentang bagaimana menjadi pelajar berprestasi dan berkarakter.

“Luruskan niat dalam bersekolah dengan mengharap ridha illahi, memaksimalkan kecintaan dan kebisaan satu mata pelajaran yang mengarah pada cita-cita,” lanjutnya.

Kemudian, belajar secara adil untuk semua mata pelajaran agar meraih nilai raport dan ujian akhir dengan optimal, ikut bimbingan belajar atau kursus bahasa asing.

Selanjutnya yakni pintar manajemen waktu 24 jam, cerdas memilih jurusan di SLTA, dan janga lupa selalu rajin berdoa.

Dirinya menjelaskan, tips tersebut terbukti membawa Dr Tuswadi menjadi insan berprestasi seperti menjadi peraih NEM terbaik se-3 SD di desa Tapen.

Kemudian masuk kelas unggulan di SMP N 1 Wanadadi, lomba KIR tingkat Nasional sewaktu SMA, dan menjadi yang terbaik Program Penataran P4 Mahasiswa Baru IKIP Semarang.

Tak hanya itu, selepas menjadi ASN guru banyak prestasi yang juga Dr Tuswadi torehkan, salah satunya terbang dan mengenyam pendidikan hingga negeri sakura Jepang.

Seperti diketahui, dalam minggu-minggu ini Dr Tuswadi kerap tampil di sekolah-sekolah melalui kelas inspirasi Ilmuwan Muda Indonesia Goes to School yang diharapkan menginspirasi generasi muda di Banjarnegara.(adz).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here