Pemkab Banjarnegara Berharap SPAM Kali Ori Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Bagi Masyarakat

0
24
PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto bersama dengan Kepala BBWSSO Dr Dwi Purwantoro dan dirut PDAM Banjarnegara Ibnu Bahar saat mengunjungi pembangunan SPAM Kali Ori belum lama ini. Pemkab Banjarnegara Berharap SPAM Kali Ori Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Bagi Masyarakat Banjarnegara(foto/ahr)

MMCindonesia.id Banjarnegara –  Pemerintah Kabupaten Banjarnegara akan terus mengawal  agar pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Ori di Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Sebab kedepan keberadaan SPAM diharapkan mampu memenuhi layanan air minum bagi masyarakat di Kabupaten Banjarnegara.

Direktur PDAM Kabupaten Banjarnegara, Bahar Ibnu H, mengatakan, pembangunan SPAM Kali Ori ini nantinya akan berdampak signifikan pada tiga aspek.

Masing-masing cakupan pelayanan administratif, pelayanan teknis serta pengembangan perusahaan. SPAM Kali Ori ini nantinya akan menjadi tumpuan dalam pelayanan kepada masyarakat. Karena dengan sistem lama memanfaatkan intake Sungai Serayu, memunculkan banyak kendala teknis dan operasional.

Kepala BBWSSO Dr Dwi Purwantoro berharap, SPAM Kali Ori ini bisa bermanfaat dalam melayani kebutuhan air minum di Kabupaten Banjarnegara.

“Pemerintah saat ini sedang gencar membangun sistem penyediaan air minum di berbagai daerah. Salah satunya di Kabupaten Banjarnegara dengan kapasitas produksi 100 liter per detik,” katanya saat dihubungi via telpon Sabtu (16/7/2022).

Dijelaskannya, ada tiga pekerjaan utama dalam proyek SPAM Kali Ori ini. Yakni bangunan intake, pra sedimentasi dan jaringan perpipaan.

Pelaksanaan pekerjaan saat ini juga masih dalam tahapan pembangunan yang sudah ditentukan. Pihaknya optimistis dapat berjalan dengan baik sebelum nantinya diserahkan kepada pemkab Banjarnegara.

PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto memberikan apresiasi kepada Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, yang sudah mendukung penuh pembangunan SPAM Kali Ori ini, serta berharap dukungan yang berkelanjutan.

Ia meminta agar pelaksanaan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Ori tepat mutu, sasaran dan waktu.

“Pelaksanaannya harus benar-benar diawasi, dengan demikian baik secara manfaat dan kualitas dapat dipastikan baik dan optimal,” ujarnya

Lebih jauh ia menjelaskan, keberadaan SPAM Kali Ori ini nantinya harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Kabupaten Banjarnegara.

“Kami minta Direktur PDAM Kabupaten Banjarnegara untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan pengelolaan air minum kepada masyarakat, kepada seluruh jajaran OPD terkait, pemerintah desa dan kecamatan serta masyarakat untuk mendukung proyek strategis daerah ini karena nilai manfaat yang besar,” katanya.(ADZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here