Perkuat Sinergi dan Mitigasi Bencana Alam, Relawan Kecamatan Batur di Tingkatkan Kemampuannya

0
149
Relawan Kecamatan Batur di Tingkatkan Kemampuannya melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan diseminasi kepalangmerahan yang digelar oleh PMI Kabupaten Banjarnegara.(foto/ahr)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Sebanyak 35 relawan di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas dan diseminasi kepalangmerahan yang digelar oleh PMI Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (28/6/2022) di aula rumah dinas Camat Batur dan diikuti lintas relawan dari berbagai organisasi sosial serta perwakilan desa di Kecamatan Batur.

Camat Batur Aji Piluroso mengatakan, relawan sebagai garda depan pelayanan kemanusiaan harus dibekali dengan skil atau kemampuan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kegiatan ini diikuti oleh berbagai lintas organisasi relawan seperti PMI, RAPI, Bagana, MDMC, Baratas, organisasi pecinta alam dan celeng rescue,” katanya

Lebih jauh dia menjelaskan, penguatan kapasitas relawan sangat diperlukan seiring dengan potensi sumber daya manusia yang ada sehingga menjadi wadah sinergi kebersamaan untuk kemanusiaan.

“Dengan sinergi yang kuat dan mantap yang terjalin didukung kemampuan sumber daya manusia dan relawan yang mumpuni nantinya akan menjadikan modal awal untuk lebih responsive jika terjadi situasi darurat,” lanjutnya.

Pihaknya menggandeng PMI Kabupaten Banjarnegara sekaligus sebagai penguatan dalam mendukung diseminasi serta penyebarluasan nilai-nilai kepalangmerahan sesuai dengan Undang-Undang nomor 1 tahun 2018.

Selain itu, apresiasi diberikan kepada seluruh relawan yang telah meluangkan waktu untuk mencurahkan pikiran serta tenaga dalam kegiatan tersebut.

“Menjadi relawan merupakan panggilan jiwa yang tidak semua orang merasa terpanggil, maka beruntunglah karena anda merupakan orang-orang yang terpilih,” tambahnya

Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan sejumlah materi seperti Kepelangmerahan dan pendalaman materi pertolongan pertama yang meliputi pengantar PP, penilaian, perdarahan, cidera jaringan lunak.

Diberikan juga materi Bantuan Hidup Dasar, CSOR dan pemindahan serta penanganan luka bakar dan kedaruratan medis atau keracunan.(AHR13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here