PLH Bupati Banjarnegara Meletakan Batu Pertama Pembangunan SPAM Kali Ori

0
26
PLH Bupati Banjarnegara Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan SPAM Kali Ori.(foto/mar)

MMCindonesia,Banjarnegara – PLH Bupati Banjarnegara Syamsudin melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Ori PDAM yang berlokasi di Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Banjarnegara, Jawa Tengah Kamis (19/5/ 2022 ).
Pembangunan SPAM tersebut merupakan kerja sama kerjasama antara Pemkab Banjarnegara dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) dalam meningkatkan cakupan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan air baku bagi masyarakat Banjarnegara.
“Kebutuhan dasar manusia, berupa ketersediaan air merupakan salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan,” katanya
Saat ini Pemkab Banjarnegara terus berupaya menaikan tingkat cakupan pelayanan air kepada masyarakat. Saat ini cakupan pelayanan air di wilayah Kabupaten Banjarnegara mencapai 92 persen.
Dia berharap pembangunan SPAM ini dapat menambah pasokan serta mengurangi permasalahan terhadap pemenuhan air baku di Kabupaten Banjarnegara.
“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mengawal kegiatan ini, semoga dapat menghadirkan manfaat bagi masyarakat Banjarnegara,”lanjutnya.
Kepala Bidang Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA), Wisnu Widiyono mengatakan, pembangunan SPAM di Kabupaten Banjarnegara ini dilakukan dengan membuat satu buah bangunan intake dengan debit 100 liter per detik, satu buah bangunan prasedimentasi dan jaringan pipa sepanjang 6,2 kilometer.
Dikatakan, pada tahun 2017 terjadi banjir yang mengakibatkan kerusakan pada salah satu intake di Kecamatan Sigaluh. Kerusakan itu berpengaruh pada penurunan debit pelayanan PDAM dari 100 liter per detik menjadi 50 liter per detik sampai dengan saat ini.
Dia berpendapat dengan adanya pembangunan SPAM Kali Ori ini dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.
“Kita targetkan dalam 9 bulan ke depan dapat terselesaikan dengan baik sehingga bisa meningkatkan layanan PDAM kepada masyarakat,” ujarnya.
Direktur Utama PDAM Banjarnegara Ibnu Bahar pada kesempatan tersebut menyampaikan, dengan adanya SPAM kali ori akan menambah produksi 100 perdetik yang akan kita targetkan untuk melayani 8000 sambungan rumah.
“Mudah mudahan nanti setelah running tes hasilnya bisa lebih optimal, jadi nanti coverage area atau ruang lingkup wilayahnya akan sampai ke beberapa kecamtan yaitu Sigaluh, kemudian kota prioritas, bawang sampai kecamatan yang ada disekitarnya . “kita targerkan 800 sambungan rumah ,” katanya
Ibnu menambahkan, sejak mulai pembangunan peletakan batu pertama kemudian akan dilakukan pembangunan secara konstruksi atau secara perpipaan.
“Insyaaallah mungkin akhir Desember tahun ini sudah bisa selesai, dan kemudian akan di serah terimakan dan serah kelolakan kepada PDAM Banjarnegara,” katanya.(har13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here