Ribuan Warga Banjarnegara Ikuti Sholat Ied di Alun-alun Kota

0
61
Ribuan Warga Banjarnegara Ikuti Sholat Ied di Alun-alun Kota.(foto/har)

MMCindonesia,Banjarnegara – Ribuan warga Banjarnegara, Jawa Tengah memenuhi Alun-alun kota untuk mengikuti sholat Ied Senin (2/5/2022). Jamaah juga tampak di jalan samping utara alun-alun atau depan pendapa Banjarnegara serta joglo alun-alun.
Sejak pagi umat muslim sudah terlihat mendatangi Alun-alun Banjarnegara mulai pukul 05.30 WIB sambil mengumandangkan takbir dan tahmid.
Shalat Idul Fitri yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Banjarnegara , tidak hanya diikuti oleh warga yang tinggal di dalam Kota Banjarnegara, namun juga warga disekitar kota juga mengikuti sholat Ied di Alun-alun Banjarnegara.
Banyak juga pemudik yang ikut sholat Ied di Alun-alun, Mereka memilih lokasi ini untuk melaksanakan ibadah tersebut Karen lokasinya yang strategis dan berada di tengah kota.
Bertindak sebagai Imam sekaligus Khotib, KH Afit Juliet Nurcholis, T.Th.I,M.A Ketua DPC Syarikat Islam Kabupaten Banjarnegara
Dalam tausiahnya KH Afit antara lain mengatakan bahwa Ramadhan mapupun Idul Fitri mengajarkan kepedulian terhadap para dhuafa, fakir, miskin dan anak yatim
“Pesan Idul Fitri dengan kewajiban membayar zakat fitrah sesungguhnya merupakan empati atau kepedulian terhadap kaum dhuafa,” ujarnya
KH Afit juga meminta kepada Jamaah untuk bersyukur setelah dua tahun masa pandemic, pemerintah kembali bisa memberikan kelonggaran masyarakat untuk merayakan Idul fitri secara normal meski dengan pembatasan untuk mencegah penyebaran kemabali Covid-19.
“Rasa syukur kita bertambah dengan adanya kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara di Idul Fitri tahun ini, dimana sebelumnya kita terpisahkan selama hampir dua tahun karena sebab pandemic Covid-19,” katanya
Ketua PHBI Banjarnegara Indarto menambahkan, merujuk pada edaran Menteri Agama mengenai pembatasan aktivitas dan penekanan protokol kesehatan, maka masyarakat tidak dianjurkan untuk melakukan takbir keliling, hanya boleh dilakukan di Masjid dan Musala.
Indarto menambahkan, dalam SE Menag ditegaskan bahwa panitia ibadah Idul Fitri harus menyediakan petugas kesehatan, dan sarana penunjang untuk mencegah terjadinya penyebaran kembali Covid-19.
“Pelaksanaan sholat Ied di tingkat Kabupaten Banjarnegara yang dilaksanakan di Alun-alun Banjarnegara juga tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” kata Indarto.(AH13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here