PMI Banjarnegara Pastikan Stock Darah Selama Ramadhan Aman

0
43
Stock darah di PMI Banjarnegara selama bulan Ramadhan.(foto/ahr)

MMCindonesia,Banjarnegara – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, memastikan stock darah aman selama bulan ramadhan.

PMI juga terus mengimbau dan terus mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melakukan donor darah sukarela secara rutin, meski masih dalam suasana pandemi dan dalam bulan Ramadhan.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amalia Desiana mengatakan, upaya sosialisasi melalui sosial media dan tatap muka kepada masyarakat tentang kesadaran untuk menjadi pendonor darah sukarela terus dilakukan.

“Kami mengajak masyarakat untuk donor darah secara rutin guna membantu sesama dan menjaga ketersediaan stok darah di unit Donor darah PMI Kabupaten Banjarnegara,” Amalia kepada media Kamis (31/3/2022).

Lebih jauh Amalia mengatakan, saat bulan Ramadhan, donor darah masih bisa dilakukan malam hari setelah ibadah salat Tarawih.

“Banyak kelompok masyarakat yang takut mendonorkan darahnya pada saat sedang puasa, karena takut lemas dan batal, sehingga mengurangi kekhusukan ibadah, untuk itu strategi melakukan donor darah malam hari dilakukan agar lebih efektif,” tambahnya.

Sementara Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara, Agus Budi Susanto memastikan stok darah di selama bulan Ramadhan aman dan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

“Stok darah aman, kami terus menggencarkan sosialisasi donor dan mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak,” ujarnya

Lebih jauh dia menjelaskan, beberapa trik dan inovasi akan dilakukan dalam rangka menjaga stock darah selama bulan Ramadhan.

“Selain mengubah jadwal mobile donor darah menjadi malam hari, terutama kelompok donor potensial, kami juga berkoordinasi dengan kelompok donor non muslim agar dapat maksimal menjaga stock selama bulan Ramadhan,” katanya.(AHR13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here