Warga Perumahan Green Village Pilih Ketua RW Ala Pilkada

0
217

Kota Tangerang, MMCIndonesia.id- Salah satu upaya dalam memberikan pendidikan demokrasi kepemimpinan kepada masyarakat, warga perumahan Green Village Jl. KH. Hasyim Ashari, Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang menggelar pemilihan ketua Rukun Warga (RW) 007 layaknya Pilkada.

Kegiatan pemilihan ini digelar Minggu, (26/9/2021) di Club House Green Village, mendapat sambutan positif dari warga setempat, buktinya dengan antusiasnya warga mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disediakan panitia.

Ketua panitia penyelenggara, Hadi saat ditemui dilokasi pemungutan suara, pemilihan ketua RW 007 dengan cara mencoblos merupakan bentuk inovasi sekaligus memberikan pendidikan demokrasi kepada warga. Dimana dalam pelaksanaannya dikatakan Hadi, mengikuti tahapan-tahapan pemilihan yang telah dirumuskan pihak panitia.

“Kita mencoba melakukan inovasi dalam pemilihan ini dan kita dari panitia menyusun tahapan-tahapannya mulai dari menjaring dan menetapkan calon ketua RW, mendata pemilih, pengadaan surat suara, menentukan hari pencoblosan sampai dengan penghitungan suara dan penetapan pemenangnya. ya layaknya KPU lah, KPU mini kalau ini sih,” tutur Hadi.

Dari 225 warga yang memilki hak pilih, menurut Hadi hampir 90 persen warga hadir mengikuti pemilihan tersebut.

“Alhamdulillah, warga cukup tinggi untuk mengikuti pemilihan ketua RW 007 ini karena sebelumnya ketua RW 007 dipilih dengan cara ditunjuk langsung oleh beberapa perwakilan warga dalam rapat, kalau sekarang kan dipilih langsung oleh warga dengan cara mencoblos seperti pilkada. Mungkin ini pertama kali di perumahan Green Village, bisa dicontoh ,” kata Hadi.

Selanjutnya ketua panitia mengatakan, bahwa pemilihan ketua RW 007 perumahan Green Village dilaksanakan dengan cara langsung dan ini mengingat ketua RW memiliki tugas dalam membantu pemerintahan Desa atau Kelurahan, dimana keberadaanya diatur dalam peraturan perundang-undangan yaitu dalam Permendagri RI. Sehingga menurutnya, ketua RW harus memiliki kopetensi terutama dalam bidang pemerintahan.

“Semoga dengan dilaksanakannya pemilihan ketua RW 007 ini secara langsung yang diikuti oleh tiga calon dari perwakilan masing-masing RT ini, bisa diperoleh ketua RW sesuai pilihan warga terutama yang memilki kopetensi lebih dalam bidang pemerintahan, sehingga mampu mengayomi seluruh warga perumahan Green Village dan berinovasi memajukan perumahan Green Village kearah yang lebih baik,” pungkasnya.

Dari pantauan media MMCIndonesia dalam pemilihan Ketua RW.007 perumahan Green Village, Nerogtog tersebut dimenangkan oleh nomor 2 (Baharudin). Namun warga perumahan Green Village setempat tetap antusias mengikuti kegiatan pemilihan ketua RW.007 tersebut dan untuk itu dalam melakukan kegiatan ini kami tidak lupa juga selalu tetap patuhi Protokol Kesehatan yaitu 3 M: Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan. (Andika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here