Paku Banten, dan LAI BPAN Kolaborasi Lestarikan Budaya Pencak Silat

0
401

Tangerang, MMCIndonesia.id, – Di era digitalisasi seperti sekarang ini, tentunya masyarakat kesulitan untuk mencari seni budaya tradisional, sebab banyak nilai-nilai budaya yang terpengaruh oleh kebudayaan luar.

Untuk itu, Paku Banten yang merupakan seni budaya asli masyarakat Banten harus dilestarikan, agar tetap eksis, dan berkembang di Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pendiri, sekaligus Guru Besar Seni Budaya Paku Banten H. TB. Syafrudin AS, ketika ditemui Wartawan di kantor Lembaga Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara (LAI BPAN) DPD Provinsi Banten, Kota Tangerang (07/04/2021).

Syarifudin mengungkapkan bahwa Perguruan Seni Budaya Paku Banten yang didirikan pada Tahun 1980 di Lampung, Palembang, dan Banten adalah untuk merangkul seluruh elemen masyarakat, agar Bangsa Indonesia aman, tentram, dan damai, serta untuk melestarikan seni Budaya Banten agar tidak punah, dan generasi muda sekarang dapat mengenalnya.

Menurut Syarfudin, sampai saat ini Paku Banten tidak cacat hukum, bersih dari persoalan, dan permasalahan yang bersinggungan dengan hukum. “Paku Banten beda dengan Ormas yang lainnya, karena Paku Banten ini merupakan seni budaya pencak silat seperti Debus, Terumbu, Bandrong, dan lainnya,” ujar Syarfudin yang kerap disapa Abah.

“Saat ini, anggota Paku Banten di Nusantara berjumlah sekitar 30.000, dan Paku Banten ini telah berbadan hukum, merupakan Organisasi yang terbuka, tidak memandang ras, suku, golongan, dan Agama,” papar Abah.

Sementara itu, Ketua Umum Paku Banten, H. TB. Hasan Ninggu turut mengungkapkan bahwasanya guna mengembangkan seni budaya Paku Banten di Wilayah Indonesia, Paku Banten telah menggandeng LAI BPAN DPD Provinsi Banten, agar terjalin kerja sama, dan sinergitas memajukan seni budaya Paku Banten,  serta meningkatkan Sumber Daya Manusia di Nusantara tercinta ini.

Di tempat yang sama, Ketua Lembaga LAI BPAN DPD Provinsi Banten, Muhamad Jaenudin yang biasa disapa bang Jaenal juga menyampaikan bahwa dirinya menyambut, serta mendukung penuh, dan mengajak berkolaborasi untuk melestarikan Seni Budaya Pencak Silat yang ada di Provinsi Banten, hingga manca negara. (MAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here