Desa Wisata di Banjarnegara Ini Produksi Minyak Astiri, Hasilnya Mulai di Ekspor

0
429
Bupati Banjarnegara dalam kunjungan nya di desa Pagak (foto/anhar)

Banjarnegara,MMCIndonesia.id – Minyak astiri dari Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kini mulai merambah ekspor. Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono optimis, desa wisata Pagak Kecamatan Purwareja Klampok, akan menjadi simpul ekonomi kreatif di Kabupaten Banjarnegara.

Harapan tersebut disampaikan Bupati usai berkunjung ke desa wisata Pagak,belum lama ini
Dalam kunjungan tersebut Budhi juga mengunjungi sentra kerajinan bambu, dan penyulingan minyak astiri yang telah diekspor ke luar negeri.

“Saya optimis masyarakat bersama pemuda sebagai pioner Desa Wisata Pagak, akan berhasil menggerakkan roda perekonomian di Desa Pagak,” kata Budhi kepada media Sabtu (20/2/2021).

Budhi Sarwono juga memberikan perhatian khusus untuk pabrik penyulingan minyak astiri yang sedang berkembang di desa itu. Dia sangat mengapresiasi usaha itu, yang membawa nama desa Pagak dan Banjarnegara menjadi menasional bahkan mendunia.

”Banyak tamu datang ke Desa Wisata Pagak. Mereka datang dari seantero wilayah Nusantara dan dari mancanegara. Ini juga mengharumkan nama Banjarnegara,” lanjutnya.

“Usaha ini sangat bagus untuk meningkatkan potensi lokal. Kami terus mengenalkan agar usaha penyulingan minyak atsiri di Pagak terus berkembang. Kami terus berupaya mencarikan jaringan dan mitra pemasaran agar produk minyak atsiri hasil penyulingan di desa ini bisa lebih dikenal masyarakat,” tambahnya

Sementara itu menurut Pradikta Dimas, Kepala Unit Pariwisata dan Ekraf BUMDes Astagina Desa Pagak, mengatakan, produksi penyulingan diharapkan menggerakkan roda ekonomi Desa Pagak sekaligus bisa melestarikan alam.

Dijelaskan, setelah penyulingan minyak atsiri, selanjutnya adalah mengembangkan produk turunan minyak atsiri, seperti minyak serai wangi yang bisa dibuat sabun, penghemat BBM, karbol serai, sedangkan minyak dilembatau nilam bisa dibuat untuk sabun, parfum, aromaterapi, serta produk kosmetik lainnya.

“Untuk pemasaran, sudah bekerjasama dengan BUMDes Astagina Desa Pagak, alhamdulillah sudaj sampai ke luar negeri,” jelasnya.

Untuk saat ini produk-produk tersebut sudah menyebar ke berbagai penjuru tanah air dan ke beberapa negara terutama Prancis, Hongkong dan Belanda.(jr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here