Filosofi Kopi Arabika Senggani Desa Pegundungan Banjarnegara

0
177
Ibu Murti Kepala Desa Pegundungan Banjarnegara

BANJARNEGARA,MMCIndonesia.id-Rasa Kopi Arabica dari Desa Pegundungan Kecamatan Pejawaran mencuat menjadi salah satu kopi terbaik di tanah air. Belum lama ini kopi Arabica dari Desa Pegundungan menempati urutan ke 4 sebagai kopi terbaik dalam kontes kopi di Jogjakarta.

“Senggani” begitu petani Desa Pegundungan memberi nama kopi Arabica jenis Sigararuntang ini, bahkan kini berkat prestasinya itu kopi senggani dibuatkan tugu kopi sebagai lambang kejayaan petani di Desa Pegundungan Kecamatan Pejawaran.

Kepala Desa Pegundungan Murti menjelaskan, nama Senggani diambil dari nama sebuah bukit di di Desa Pegundungan. Senggani sendiri memiliki makna keluruk yang berarti dalam istilah jawa diartikan menggugah.

Dengan nama Senggani itu diharapkan warga masyarakat pegundungan berubah pola pikirnya untuk membangun desa kedepan dengan memilih tanaman kopi sebagai tanaman konservasi dan tanaman yang bisa meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Sebagai kepala desa Murti selalu memberikan motivasi kepada masyarakatnya . “Terpencil tidak harus tertinggal,” kata Murti.

Maksud dari motivasi tersebut adalah meski keberadaannya di wilayah terpencil, akan tetapi selalu dapat mengikuti perkembangan zaman dan mampu menunjukan potensi daerah sendiri serta pembangunan di segala bidang dapat dicapai oleh warga masyarakat desa Pegundungan.(riest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here