Permadani Banjarnegara Wayangan Semalam Suntuk, Tampilkan Dua Dalang Kondang

0
123
Permadani Banjarnegara Wayangan Semalam Suntuk, Tampilkan Dua Dalang Kondang dan satu dalang cilik.(foto/ahr)

MMCIndonesia.id, Banjarnegara – Dalam upaya merawat kebudayaan Jawa dan menjaga warisan leluhur, Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah  menyelenggarakan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Pagelaran Wayang bertempat di Balai Desa Medayu Kecamatan Wanadadi, Minggu (3/12/2022) malam. Kegiatan tersebut juga untuk memperingati Hari Wayang Nasional, dan memeriahkan peltikan pengurus DPC Permadani Kecamatan Purwanegara.

Dua dalang kondang Banjarnegara ditampilkan dalam pagelaran wayang kulit tersebut yaitu  Ki Krisna Ady, Ki Bagong Sugiyanto, dengan bintang tamu Zaky Nugrah Maulana Syarif yang dulu kondang sebagai dalang cilik.

Ketua panitia, Tjurigo, mengatakan, pagelaran wayang ini digagas Permadani Banjarnegara dalam upaya melestarikan kebudayaan nenek moyang yang ada di Indonesia.

“Nguri-uri budaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pagelaran wayang kulit ini. Pada pagelaran budaya ini bukan hanya para penampil saja yang melakukan uri-uri, namun para penonton juga secara langsung ikut melestarikan budaya,” katanya.

Menurut Tjurigo, generasi muda juga harus memahami budaya adi luhung wayang kulit yang harus dilestarikan. Gerenasi muda di era sekarang ini harus bisa memilih dan memilah, mana budaya budaya yang sesuai dengan jati diri bangsa.

Tekad dari Permadani Banjarnegara, kata Tjurigo, adalah ingin seiring sejalan bersama praktisi seni dan budaya khususnya Dewan Kesenian Banjarnegara bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  untuk membangkitkan generasi muda supaya kembali mencintai seni dan Budaya peninggalan nenek moyang kita yang adi luhung  guna menangkap derasnya budaya dari mancanegara yang tidak sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia.

“Mari bersama-sama kita lestarikan budaya di Banjarnegara dan Indonesia pada umumnya. Kita hargai budaya warisan nenek moyang sendiri, bukan budaya asing yang justru tidak selaras dengan budaya yang ada di Indonesia,” lanjutnya

Sementara Ketua Permadani Banjarnegara, Bagong Sugiyanto, menambahkan, bahwa pertunjukan wayang ini juga sebagai media untuk menjalin silaturahmi. Bukan hanya itu, pagelaran wayang kulit ini juga untuk penguatan untuk para pelaku seni, khususnya pelaku seni wayang kulit di Banjarnegara.

“Banjarnegara adalah gudangnya seniman, namun masa pandemi dua tahun kemarin, mereka tenggelam. Semoga kini semua seniman bisa bangkit lagi. Semoga kedepan ada perhatian dari pemerintah untuk kemajuan kesenian dan seniman pelakunya,” katanya.(Adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here