Pohon dan Semak di Tanam di Dieng Pada Acara Candi Sadar Lingkungan

0
130
6500 Pohon dan Semak di Tanam di Komplek Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara Pada Acara Candi Sadar Lingkungan.(foto/ahr)

MMCindonesia.id, Banjarnegara – Dieng merupakan salah satu destinasi wisata nasional dan memerlukan kepedulian dalam menjaga kelangsungan hidup alam Dataran Tinggi Dieng.

Untuk itu pada  Rabu, (6/7/ 2022) dilakukan penanaman 6500 pohon dan semak ditanam yang dibalut dalam nuansa Candi Darling (Candi Sadar Lingkungan) di sekitar komplek candi Arjuna Dieng, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kegiatan penanaman tersebut diinisiasi oleh Djarum foundation yang diikuti juga oleh perwakilan darling spot candi sadar lingkungan mahasiswa se- Indonesia.

Presiden direktur PT Djarum FX Supanji mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai upaya pelestarian alam dan memeliharanya agar tidak punah.

“Dieng terdapat peninggalan leluhur yang menjadi warisan budaya nasional sehingga sepatutnya menjadi kebanggaan kita semua dan wajib kita jaga kelestariannya,” kata FX Supanji kepada Media.

Lebih jauh dia menjelaskan, dengan penanaman pohon dan semak tersebut pihaknya berharap dapat bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih, sejuk dan terbebas dari polusi.

Sementara itu Kepala DPKPLH Kabupaten Banjarnegara Singgih Haryono mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT,Djarum sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan.

“Ini sangat tepat, karena Dieng merupakan induk dari Sungai Serayu dimana kita harus melestarikan salah satunya dengan menanam pohon,”ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, lewat kegiatan ini pihaknya berharap dapat mengurangi angka penumpukan sedimentasi di waduk Mrica.

Kegiatan ini diharapkan memberi kontribusi yang positif agar dapat menyelamatkan alam khususnya di Dieng dan keberadaan Sungai Serayu.

Camat Batur Aji Piluroso berharap lewat momentum tersebut dapat memberikan semangat serta edukasi nyata untuk masyarakat agar bersama-sama merawat alam untuk kehidupan.

“PT.Djarum sudah memberikan contoh kepada kita semua akan pentingnya menanam pohon, mari bersama-sama luruskan niat dan mengikuti jejaknya agar kelangsungan ekosistem di Dieng terjaga,” jelasnya

Pihaknya juga berpesan kepada seluruh element yang ada untuk bersama dan bersinergi dalam berbagai kegiatan positif sebagai upaya membangun Kecamatan Batur.

Hadir dalam acara Candi Darling (Candi Sadar Lingkungan) Kepala Balai Purbakala Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Perwakilan Polres Banjarnegara, Forkompinca Kecamatan Batur. (Rsz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here