Menikmati Indahnya Hamparan Kebun Teh Kertosari Kalibening Banjarnegara, Cocok Jadi Pilihan Wisata Alam

0
7
Seorang pengunjung menikmati hamparan kebun teh kertosari di Kecamatan Kalibening Banjarnegara.(foto/ahr)

MMCindonesia.id, Banjarnegara – Selain dataran tinggi dieng sebagai destinasi wisata andalan, ternyata Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah juga banyak memiliki wisata alam  lainnya.

Salah satu wisata alam yang mulai dilirik wisatawan adalah hamparan luas kebun teh Kertosari.

Kebun Teh Kertosari terletak di Jalan Raya Kalibening – Wanayasa, area perkebunan yang terletak di tepi jalan memudahkan para pengunjung untuk menuju lokasi wisata ini.

Kebun Teh Kertosari tidak jauh dari Curug Sinom Indah dan berjarak kurang lebih 30 km dari pusat Kota Banjarnegara.

Wisatawan biasanya akan berwisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng saja jika mengunjungi Banjarnegara, namun karena keindahan alamnya, Kota ini banyak memiliki alternatif wisata yang perlu dikunjungi salah satunya adalah kebun teh kertosari.

Pengunjung yang ingin menikmati kebun teh ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000,- dan parkir Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Selain hamparan kebun teh nan hijau dan luas, pengunjung juga dimanjakan dengan keindahan landscape perkebunan teh yang sangat menarik untuk dijadikan background berswafoto.

Dengan adanya fasilitas tersebut menjadikan wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi, wisata ini biasanya ramai pengunjung pada hari weekend dan tanggal merah.

“Pengunjung juga dapat bersantai sembari menikmati minuman teh khas kalibening,” kata Pengelola Obyek Wisata Kebun Teh Kertosari Jati Nur Setiyoko kepada media Minggu (18/6/2022).

Selain minuman teh, disekitar tempat peristirahatan, pengunjung juga  bisa menikmati makanan ringan yang dijual di sebuah gedung tua peninggalan jaman dulu.

Adanya warkop tersebut tentu makin membuat para wisatawan bisa lebih bersantai menikmati keindahan hamparan kebun teh.

Yang menarik, jika tiba musim panen, pengunjung juga bisa melihat dan berinteraksi dengan para petani yang sedang memetik pucuk daun teh.

Sensasi ini tentunya menjadi keunikan tersendiri bagi para pengunjung, karena dengan melihat proses memanen teh secara tidak langsung pengunjung teredukasi bagaimana proses panennya dari pemetikan daun hingga diangkut menggunakan truk.

Kebun teh kertosari buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00, wisatawan yang ingin camping atau mengadakan pertemuan di area kebun teh ini bisa melakukan booking terlebih dahalu untuk kenyamanan bersama.

Cara booking tempat di area wisata ini cukup mudah, pengunjung cukup menghubungi contact person yang tertera di official account Instagram @kebun_teh_kertosari dengan menyampaikan maksud dan tujuan atau melakukan booking secara langsung dengan menemui pengurus wisata.(AHR13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here