Antisipasi Penyebaran PMK , Pemkab Banjarnegara Siapkan Langkah Darurat

0
52
Antisipasi Penyebaran PMK , Pemkab Banjarnegara Siapkan Langkah Darurat (foto/doc)

MMCindonesia.id,Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyiapkan langkah darurat untuk menangani penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang melanda di berbagai daerah.
Khusus Kabupaten Banjarnegara saat ini sudah terbentuk gugus tugas penanganan PMK yang akan terus menerus memantau perkembangannya.
PLH Bupati Banjarnegara Syamsudin mengatakan, Banjarnegara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari daerah lain berkaitan dengan penyebaran PMK yang konon asalnya dari daerah Jawa Timur.
“Jadi kita menjaga semaksimal mungkin, dengan lockdown di pasar pasar hewan, memang tidak menyenangkan apapun keadaanya, namun itu harus dilakukan untuk keselamatan bersama,” katanya.
Syamsudin menambahkan, dengan ditutupnya pasar hewan otomatis akan berpengaruh kepada para pedagang daging sapi.
Dan kondsinya memang seperti yang terjadi sekarang dimana harga daging terus naik imbas dari PMK dan penutupan pasar hewan.
“Kita bingung untuk mencari alternatif lainnya, sehingga kami berharap masyarakat bersabar, mudah mudahan ujian ini tidak berlarut larut , Kita sudah memantau harga daging sapi memang sedang melonjak, kami berharap kejadian ini segera selesai,”tambahnya
Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sejauh ini juga sudah melakukan langkah strategis dan koordinatif dengan melakukan koordinasi dengan instansi lain yang berwenang.
Instansi tersebut antara lain Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta, Balai Karantina Semarang Dan Dinas Peternakan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka edukasi pencegahan penularan dan langkah-langkah pengendalian penyebaran PMK.
Syamsudin berpesan kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada petugas terkait apabila dijumpai hewan ternak yang sakit dan memiliki ciri-ciri seperti PMK.(har13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here