Danrem 064/MY Irup Pada Apel Kehormatan Renungan Suci di TMP

0
31

Serang, MMCIndonesia.id – Komandan Korem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E.,M.B.A bertindak sebagai Irup dalam Upacara Apel Kehormatan Renungan Suci (AKRS) yang diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri Kota Serang, Provinsi Banten, Selasa (17/08/2021).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci adalah rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021, untuk menghormati jasa para pahlawan  yang telah gugur dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Memotivasi semangat para generasi penerus bangsa ini untuk melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan, dan mempertahankan (NKRI).

Pukul 00.00 WIB pada 17 agustus 2016 bertempat di taman Makam Pahlawan Ciceri Serang Banten, menjadi detik pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh inspektur upacara. Danrem 064/MY, Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E.,M.B.A., selaku inspektur upacara menyatakan hormat atas keihklasan dan kesetiaan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan bangsa. Setidaknya terdapat, 230 Pahlawan TNI/POLRI, Pejuangan Rakyat 4 orang, Pahlawan Tak di Kenal 3 orang.

“Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan saudara-saudara akan kami baktikan, serta tak lupa kami juga berdoa semoga amal saudara-saudara diterima,” ikrar inspektur upacara dalam pembacaan teks AKRS.

Untuk lebih mengkhidmatkan jalannya upacara, pada acara inti yakni dari penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan teks AKRS, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa maka seluruh lampu yang ada di TMP dimatikan. Dengan diiringi Korsik dari Ajanrem 064 dan nyala api di obor tugu pahlawan serta lilin yang bertebaran di makam, hal tersebut semakin menjadikan peserta upacara tenggelam dalam nafas heroik yang dikobarkan pahlawan Indonesia.

AKRS yang dikomandani oleh Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E.,M.B.A., dihadiri Seluruh Para Kasi Rem 064/MY, Seluruh Pasi Rem 064/MY, Gubernur Banten di wakilkan Setda Porvinsi Banten Drs. H. Muhktar, Anggota DPRD Provinsi Banten H. Andra Soni, Kapolda Banten di wakilkan Kabidpropam Kombes Nursyah Putra, Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Bina Gunawan Silitonga, Kapolres Serang Kota AKBP Maruli Ahilles Hutapea, S.IK., MH., Setda Kota Serang H. Nanang, Palaksa Letkol Mar Ahmadi SPD,. di dampingi letda laut (PM) Erwin Kurniawan, Danyon 12 Grup 1 Kopassus, Mayor Inf Bayu Oktavianto S., Dandenlanud Gorda, Kapten Satdi, Pasukan Perwakilan Personiel TNI 5 orang, Pasukan Perwakilan Personiel POLRI 5 orang, Pasukan Pramuka 10 orang.

“Danrem 064/MY menjelaskan, Renungan Suci bermakna untuk memberikan penghormatan sebesar – besarnya kepada arwah para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” jelas Danrem.

“Kita  baru berkorban waktu, tenaga, dan fikiran tapi yang sudah dilakukan oleh para pahlawan, mereka mengorbankan segalanya, harta benda, waktu, bahkan nyawanyapun mereka berikan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” imbuhnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here