Komunitas Masyarakat Padang Kota (Kompak) ini Mengangkat Tema “Membangun Kota Padang di Masa Pandemi”

0
12

Padang, MMCIndonesia.id – Silaturahmi dan Diskusi Padang Kekinian yang dipadukan dalam wadah Silaturahmi Masyarakat Padang (SIMAPAD) 2021. Bertempat di Daima Hotel Padang, Sabtu (03/07/2021) Pagi.

  1. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Pemerhati Sumbar (KAPAS) dan Komunitas Masyarakat Padang Kota (Kompak) ini mengangkat tema “Membangun Kota Padang di Masa Pandemi” dengan Isa Kurniawan sebagai moderator.

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH,. MM memaparkan, Pembangunan Kota Padang di masa pandemi ini harus merujuk pada keseimbangan antara kebutuhan masyarakat dari segi ekonomi dengan penanganan covid 19 yang masih melanda.

Bencana covid 19 ini adalah musibah yang tidak pernah diduga kedatangannya. Dengan musibah ini telah memporak porandakan perencanaan ekonomi yang semula telah matang menjadi gagal atau ditunda karena anggaran yang semula diperuntukan untuk kebutuhan masyarakat dialihkan untuk penanganan covid-19.

” Ini harus bisa dipahami oleh seluruh masyarakat agar tidak muncul persepsi yang salah di kalangan masyarakat.”, ujarnya Irwan Basir dalam Dialog dan Diskusi masyarakat Padang (Simapad) yang dilaksanakan di Daima Hotel, Sabtu (03/07/2021) Pagi.

Lebih lanjut, Irwan Basir menerangkan pandemi covid janganlah sampai mematikan semua sendi-sendi kehidupan ekonomi masyarakat. Kehidupan harus tetap berjalan. Pembangunan tetap dilaksanakan mungkin volumenya saja yang berkurang.

Lebih diperioritaskan yang sangat mendesak dulu karena keterbatasan anggaran dari pemerintah yang sudah tersedot untuk penanganan covid. Dan tentu saja dalam setiap kegiatannya harus melaksanakan Prokes covid-19, tuturnya.

Disamping itu, Pemerintah Kota Padang dalam melakukan kegiatan Pembangunan harus melihat sesuai dengan kondisi geografis daerah. Tiap daerah atau kecamatan beda kebutuhannya, untuk itu pemerintah harus melibatkan unsur dari lapisan masyarakat dalam setiap perencanaan dan pelaksanaannya karena yang lebih tahu kebutuhan di daerahnya adalah masyarakat itu sendiri.

Kita boleh hidup berdampingan dengan pandemi, tapi pembangunan dan ekonomi harus tetap berjalan. Kesadaran masyarakat untuk mematuhi pemerintah dalam usaha penanganan covid sangat diharapkan agar bencana ini segera berakhir dan kita kembali hidup dengan normal.

Pantau awak media di lapangan diskusi yang dimoderatori oleh Isa Kurniawan dari Kompak mengambil tema Membangun Kota Padang pada masa Pandemi, menghadirkan narasumber Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Desrio Putra, ST, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rj. Alam, SH.MM serta akademisi UNAND DR. Asrinaldi. (DP/Martias). (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here