PWI Provinsi Banten Ikuti Perayaan Puncak HPN 2021 Bersama Presiden

0
46
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten mengikuti perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (9/2/2021). Foto: Istimewa

SERANG, MMCIndonesia.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten mengikuti perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (9/2/2021).

Nampak hadir, Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra, Ketua Serikat Media Siber (SMSI) Provinsi Banten Lesman Bangun, Ketua Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Provinsi Banten Cahyono Adi, Asisten Daerah (Asda) 1 Provinsi Banten Septo Kalnadi, Asda II Muhammad Yusuf.

Kemudian Sekretaris PWI Banten Nasrudin, Ketua PWI Kota Serang, Teguh Akbar, Wakil Ketua PWI Kota Serang, Iman Esa Firmansyah, Ketua PWI Lebak, Fahdi Khalid, Ketua PWI Cilegon, Adi Adam,  Kakanwil Kemenkumham Banten Agus Toyib, Kadivpas Kemenkumham Banten Muji, Kadivyankum Kemenkumham Banten Sri Kurniati Pane, dan Dandema Group 1 Kopasus Mayor Inf Alexander AP serta Kasubid Penmas Polda Banten, Kompol Yudhiana.

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Pers Nasional bagi seluruh insan pers di tanah air. Pada puncak acara HPN yang diselenggarakan di Istana Negara ini, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas peran pers dalam mengedukasi masyarakat selama pandemi Covid-19.

“Selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia dimana pun berada. Saya tahu saat pandemi, rekan pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan tiap pemberitaan. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena membantu pemerintah mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan, dan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tepat,” kata Jokowi.

Sementara Ketua PWI Provinsi Banten, Rian Nopandra mengatakan, momentum hari pers nasional ini, tentunya menjadi ajang temen-temen pers untuk semakin maju meski ditengah pandemi. Tentunya sejalan dengan pemberitaan-pemberitaan yang bisa diakui kebenarannya.

“Keberadaan insan pers telah banyak berperan dalam menyampaikan informasi  kepada publik dengan berimbang,” ujarnya.

“Kedepan insan pers harus dapat lebih memberikan kontribusinya kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang positif, mendidik dan tidak provokatif,” imbuhnya.

Senada, Sekretaris PWI Provinsi Banten, Nasrudin mengungkapakan, dalam momentum HPN kali ini PWI mengajak kepada para wartawan untuk terus meningkatkan kompetensi melalui Uji Kompetensi Wartawan.

“Makanya setiap tahun kami terus melakukan uji kompetensi wartawan. Teman-teman wartawan tinggal memanfaatkan saja momentum ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dukungan Pemda terhadap keberlangsungan media juga sangat penting. Khususnya sikap kooperatif dari para pejabat publik, menjadi penting bagi seorang wartawan dalam menjaga keberimbangan pemberitaan.

“Semoga Pemda lebih open kepada wartawan. Meski saat ini sudah baik, tapi perlu terus ditingkatkan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua SMSI Banten Lesman Bangun menerangkan, sebagai konstituen Dewan Pers yang bisa dibilang bungsu, SMSI berkomitmen untuk bersinergi dengan konstituen yang sudah ada.

“Makanya kami selalu menjaga sinergitas anatara PWI, PRSSNI, SPS dan SMSI di Banten untuk tetap bisa kompak. Kami selalu bersma dalam momentum apapun di Banten,” kata Lesman.

Turut menimpali, Ketua PRSSNI Banten Cahyono Adi  bahwa pihaknya terus mendukung setiap kegiatan kewartawanan di Banten. Apalagi kehadiran PRSSNI di Banten tak bisa dipisahkan dari kelembagaan wartawan sepeti PWI, SPS dan SMSI.

“Meski platformnya beda-beda, tapi kami sepakat selalu kompak dan bersama-sama,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here