BudayaPemerintahan

Sikapi Surat DPP, DPD IKM Kota Tangerang Dialog Dengan Tokoh Masyarakat Minangkabau

KOTA TANGERANG, MMCIndonesia.id – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Minangkabau (DPD – IKM) Kota Tangerang menggelar dialog dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat Minangkabau Kota Tangerang di RM Pangeran Jalan Raya Serpong-BSD, Rabu (6/1/2021).

Hadir dalam dialog dan silaturahmi tersebut, dari DPD IKM Kota Tangerang antara lain Ketua DPD IKM KOta Tangerang, Indra Jaya, Sekretaris DPD IKM Kota Tangerang, Alimarisan, Penasihat DPD IKM Kota Tangerang Edi Mexsufery, dan jajaran pengurus DPD IKM KOta Tangerang lainnya, serta Daniel Margona Datuk Bagindo Rajo, dari Divisi Hukum DPD IKM Kota Tangerang.

Sementara dari tokoh masyarakat Minangkabau di Kota Tangerang antara lain H. Tofik Abas, Ketua Bidang Keagamaan DPP IKM, Yono Piar, Ketua Bidang Organisasi DPP IKM, H. Zulfahmi, Feri Yasman Datuk Putih Nan Mudo, H. Abdel, Kapten CPM Yuda, Isrofil Sidik, H. Hasan Basri, serta undangan lainnya.

Ini merupakan kegiatan awal DPD IKM Kota Tangerang memasuki tahun 2021. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Bapak, Bundo-Bundo Kanduang yang kami hormati yang telah berkenan hadir dalam acara ini. Kepada H. Tofik Abas dari DPP IKM, kepada Pengurus DPD IKM Kota Tangerang yang kami hormati, kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir tanpa mengurangi rasa hormat kami, kepada Tim Media MMCIndonesia.id yang juga telah hadir,” kata Indra Jaya mengawali sambutannya.

Perjalanan DPD IKM Kota Tangerang, kata dia, tidaklah semulus yang kita harapkan, mengalami pasang surut. “Di tengah pandemi Covid-19 kami terus berusaha menggali potensi masyarakat Minang yang ada di Kota Tangerang. Kita juga sedang berinovasi dengan bekerja sama dengan BNI 46 untuk menerbitkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Elektronik (tap cash) untuk seluruh anggota IKM di Kota Tangerang khususnya, secara gratis,” paparnya.

Lanjutnya, dalam rentang waktu tahun 2019 sejak dikukuhkannya DPD IKM Kota Tangerang oleh DPP IKM melalui SK Nomor: 035/SK-DPP IKM/ Jkt/X/2019, hingga akhir tahun 2020, DPD IKM Kota Tangerang telah membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan di Kota Tangerang sebanyak 13 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 13 kecamatan.

Tanggal 29 Desember 2020 terakhir kita bentuk DPC IKM Kecamatan Benda, setelah sebelumnya DPC Kecamatan Jati dan Neglasari, tambah Indra Jaya.

“Tanggal 30 Desember 2020 kita mendapat kado istimewa berupa surat dari DPP IKM. Surat bernomor: 042/Um-DPP IKM/Jkt/XII/2020, ditandatangani oleh Ketua Umum DR. H. Fadli Zon, SS., MSc., dan Sekjen Ir. Nefri Henri, MT., antara lain menyebutkan: Mencabut SK DPP IKM Nomor 035/SK-DPP IKM/Jkt/X/2019,” imbuhnya.

Menanggapi Pencabutan SK DPD IKM KotaTangerang oleh DPP IKM, seluruh sesepuh masyarakat Minangkabau yang hadir malam itu bersepakat bahwa, masalah tersebut harus segera diselesaikan karena ini tidak sesuai dengan asas didirikannya IKM.

Seperti diketahui Ikatan Keluarga Minang didirikan untuk kemaslahatan masyarakat Minang di peranrauan. IKM didirikan sebagi wadah pemersatumasyarakat Minang.

Yono Piar, Ketua Bidang Organisasi di DPP IKM berpendapat, ‘Pencabutan SK DPD IKM oleh DPP IKM adalah tidak tepat. Karena ini berimplikasi pada adanya kekosongan kepengurusan di DPD IKM Kota Tangerang, katanya.

Di tempat yang sama, H. Tofik Abas, Ketua Bidang Keagamaan di DPP IKM menyatakan hal yang sama, jika memang ada masalah di DPD IKM Kota Tangerang, DPP IKM seharusnya mengkaji dengan teliti terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

“Pembentukan 13 DPC di 13 kecamatan di Kota Tangerang adalah adalah prestasi yang harus diapresiasi oleh DPP karena ini bisa menjadi contoh bagi DPD-DPD lainnya,” jelasnya.

Semoga segera ada dialog antara DPD IKM Kota Tangerang dengan DPP IKM untuk menemukan jalan terbaik, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button